DPRD-TAPD Tambah Belanja Modal Rp12 M – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

DPRD-TAPD Tambah Belanja Modal Rp12 M

MUNGKID, RAJA – Rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), DPRD Magelang akhirnya sepakat untuk meningkatkan belanja modal sebesar Rp12 miliar. Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk kepentingan pembangunan yang menyentuh langsung  ke masyarakat.

Ketua Badan Anggaran DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto SE, mengapresiasi  diterimanya usulan dari DPRD dalam rapat bersama (TAPD). ”Kami mengapresiasi tim TAPD yang telah bersama-sama dengan Badan Anggaran DPRD mensepakati peningkatan belanja modal untuk kepentingan masyarakat sebesar Rp 12 miliar,” katanya usai memimpin rapat di gedung DPRD, Rabu (5/8).

Menurut Sariyan, penambahan anggaran ini sangat diperlukan guna melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Magelang. Juga untuk mensinkronkan dengan program yang telah terusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). ”Juga RPJMN dan RPJMP,” tutur ketua DPRD ini.

Sementara, anggota Komisi III  Hibatun Wafiroh menegaskan, jumlah jalan rusak di Kabupaten Magelang dengan anggaran yang tersedia sangat tidak ideal. Sejauh ini perbaikan sarana prasarana jalan baru menyentuh 66 persen. ”Belum lagi setiap tahunnya pasti ada kerusakan,” ungkapnya.

“Kami akan terus mensupport penambahan anggaran belanja modal untuk kepentingan pembangunan yang bisa dirasakan langsung oleh masayrakat,“ tegas anggota FPKB ini.

Ketua Komisi II Kabupaten Magelang Muhammad Yusuf Sakir menambahkan anggaran untuk pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum tahun 2016 sebelumnya Rp195,9 miliar. Jumlah itu kemudian ditambah Rp12,5 miliar.

Peruntukan penambahan itu adalah untuk peningkatan dan pemeliharaan jalan di Kabupaten Magelang dimana hanya dianggarkan Rp39,7 miliar untuk pengingkatan jalan dan Rp2 miliar untuk pemeliharaannya.

Menurutnya, penambahan anggaran ini sangat penting mengingat progres pembangunan pemeliharaan dan peningkatan jalan masih jauh dari ideal. ”Dengan luas wilayah yang sangat besar ini, sebenarnya idealnya penambahan bisa mencapai Rp 20 miliar,” tambah anggota FPDIP ini.

Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Kabupaten Magelang Sugiyono mengatakan kesepakatan penambahan anggaran ini akan segera dimasukkan ke dalam perencanaan APBD 2016 nanti. Sehingga anggaran infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPU ESDM) meningkat dari Rp195,9  miliar menjadi Rp208 miliar.

Dengan dana itu, akan digunakan untuk beberapa kegiatan. Diantaranya peningkatan jalan Kabupaten Magelang 39,7 miliar, peningkatan jalan jembatan Rp7 miliar, Kantor Kecamatan Rp8,8 miliar, pengadaan tanah jalan jembatan Rp10,6 miliar, pembangunan gedung dinas pendidikan pemuda olahraga Rp20 miliar, rehap irigasi Rp4,2 miliar dan lain sebagainya. (zis)

loading...
Click to comment
To Top