Gagal Kendalikan Ekonomi, Jokowi Didesak Copot Sofyan Djalil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Gagal Kendalikan Ekonomi, Jokowi Didesak Copot Sofyan Djalil

JAKARTA – Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sudah di depan mata sebagai dampak nilai tukar rupiah atas dolar AS yang terus melemah dan pertumbugan ekonomi yang kian lambat.

Terlebih lagi, Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu kemarin (4/8), melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2015 sebesar  4,67 persen, atau melambat dari periode yang sama tahun lalu (year on year), yang mencapai 5,12 persen.

Perekonomian nasional juga melambat jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang tumbuh 4,71 persen secara tahunan.

“Bila ekonomi terus menerus salah urus seperti ini, bukan hanya PHK, dampak ikutannya bisa berdampak ke situasi politik yang tidak stabil,” kata peneliti Pusat Kajian Trisakti, Juliaman Napitu Saragih, dalam keterangan, Kamis, (6/8).

Menurut Juliaman, situasi ekonomi yang karut marut seperti sekarang ini, tentu menjadi tanggungjawab Menko Perekonomian, Sofyan Djalil. Karena terbukti tak mampu, Julimana menyarankan Presiden Jokowi untuk segera mengevaluasi Sofyan Djalil.

“Sudah perlu dievaluasi kembali, dan bila mana perlu reshuffle kabinet khusus bidang ekonomi,” tegas Juliaman.

Saat disinggung soal figur yang mampu menyelesaikan persoalan ekonomi yang sudah semakin tak menentu, Juliaman berkeyakinan bahwa sosok Rizal Ramli bisa mentuntaskan setumpuk permasalahan.

“Sebaiknyalah orang-orang yang sudah teruji dalam sejarah ditempatkan orang yang tepat di tempat dan waktu yang tepat. Cukup banyak putera bangsa yang bisa diandalkan untuk posisi itu, dan amatan saya, Rizal Ramli sudah cukup teruji,” demikian Juliaman.  (ysa/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top