Hari Ini, KPU Sikapi Rekomendasi Bawaslu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hari Ini, KPU Sikapi Rekomendasi Bawaslu

RMOL. Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengambil sikap atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk menambah waktu pendaftaran bagi daerah dengan pasangan calon tunggal.

“Kami belum bisa memutuskan. Memang ada hal yang perlu kita lihat betul,” kata Anggota KPU Hadar Nafis Gumay di kantornya, Jakarta, Rabu malam (5/8).

Dia menjelaskan, salah satu sebab KPU belum mengambil keputusan karena rapat pleno yang digelar belum memenuhi kuorum.

“Kami cuma berempat tadi, pimpinan dan sekretariat. Dari tujuh komisoner untuk kuorum harus lima,” ungkap Hadar.

Karena itu, KPU bakal kembali melanjutkan rapat pleno untuk mengambil keputusan pada Kamis pagi (6/8). Sekaligus mendengarkan pendapat dari komisioner yang berhalangan hadir malam ini lantaran sedang dinas ke luar kota.

“Kami harus putuskan. Kami bisa memahami bahwa ini hal yang sangat penting untuk kami lakukan tindak lanjut, tapi kami perlu pastikan bahwa kami memutuskan dengan prosedur yang benar. Mungkin saja kolega kami yang belum hadir punya pandangan yang perlu juga kami dengar,” jelas Hadar.

Namun, tambahnya, forum rapat yang digelar sudah sempat mempelajari dan membuat simulasi jadwal menyangkut rekomendasi Bawaslu.

“Bagaimana sikap kita, dan apa yang kami lakukan dengan rekomendasi Bawaslu. Kami juga sudah membuat simulasi alternatif kalau dilakukan (perpanjangan pendaftaran) seperti apa,” tegas Hadar.

Adapun, rapat pleno hanya dihadiri oleh Ketua KPU Husni Kamil Manik dan tiga komisioner yaitu Hadar Nafis Gumay, Idha Budhiati dan Sigit Pamungkas. Termasuk perwakilan dari Sekretaris Jenderal.

Sebelumnya, Bawaslu memberikan rekomendasi kepada KPU untuk membuka kembali pendaftaran calon kepala daerah di tujuh kabupaten/kota agar tetap bisa ikut Pilkada serentak 2015.

Tujuh daerah yang masih memiliki satu pasangan calon kepala daerah yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Pacitan, dan Kota Surabaya. [rus]


loading...
Click to comment
To Top