Jalan Dibeton, Jalur Pantura Batang Tersendat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jalan Dibeton, Jalur Pantura Batang Tersendat

BATANG – Proyek betonisasi di jalur Pantura Kabupaten Batang yang dikerjakan di tiga titik menyebabkan arus lalu lintas tersendat, baik dari arah barat maupun yang dari timur. Tiga titik ruas tersebut terletak di daerah Tulis, Jrakahpayung, dan Penundan yang jaraknya cukup berjauhan.

Walaupun tidak sampai menimbulkan kemacetan tetapi pengguna jalan harus bersabar karena antrean kendaraan yang mengular cukup panjang dan sangat lambat. Dari tiga titik ruas hanya yang di daerah Penundan yang lumayan panjang antreannya karena agak ke timur sedikit ada simpang tiga tempat bertemunya jalan lingkar Alas Roban, jalur Poncowati atau jalan lama dan jalan alternatif sehingga terjadi penumpukan kendaraan di tempat teersebut.
Dari pantauan Rakyat Jateng Kamis (6/8) kemarin pukul 10.00 WIB, panjang antrean mencapai 2 kilometer ke arah timur dan 5 kilometer ke arah barat. Untuk mengatasi hal ini polisi mengatur kendaraan secara bergantian agar sama-sama bisa berjalan.
Kasatlantas Polres Batang AKP Budiarto, SH, MH turun langsung ke lokasi dan ikut mengatur lalu lintas sekaligus memberi komando kepada anak buahnya melalui HT. Atas inisiatif Kasatlantas, arus lalu lintas yang dari arah barat diwajibkan lewat jalur Poncowati untuk kendaraan besar dan melalui jalur alternatif yang kontur jalannya menurun agak curam untuk kendaraan kecil. Sedangkan yang dari timur diharuskan melalui jalan lingkar atau jalan beton.
Dengan cara pengaturan ini arus lalu lintas bisa berjalan lancar walaupun tetap padat merayap. Di sela-sela kesibukannya mengatur lalu lintas Kasatlantas AKP Budiarto, SH. MH mengatakan padatnya arus lalu lintas hari ini disebabkan banyaknya kendaraan besar terutama truk yang melintas. “Sudah menjadi kebiasaan jika hari Rabu dan Kamis lalu lintas padat. Supir truk mengejar waktu bongkar muat dan menghindari aktivitas di hari Jumat sehingga semua sopir ingin sampai tujuan pada hari ini. Pada hari-hari biasa tidak terjadi antrean panjang atau jika ada tak separah hari Kamis,” kata Kasatlantas.
“Khusus yang di Alas Roban ini memang agak rumit karena ada simpang tiga yang bertemu makanya tadi disiasati dengan pengaturan arus. Dua ruas titik perbaikan jalan yang lain arus lalu lintas lancar-lancar saja dengan antrian yang tidak begitu panjang,” lanjutnya. (feb)

loading...
Click to comment
To Top