Jika Tak Ada Pendaftaran, 7 Daerah Ditunda Pilkadanya Sampai 2017 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jika Tak Ada Pendaftaran, 7 Daerah Ditunda Pilkadanya Sampai 2017

JAKARTA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menunda pelaksanaan Pilkada serentak 2015 di tujuh kabupaten/kota apabila dalam masa tambahan waktu pendaftaran tidak ada lagi pasangan calon yang mendaftar.

Penambahan masa waktu pendaftaran ini karena di tujuh daerah itu hanya terdapat satu pasangan calon.

“Tentu pihak KPU akan terapkan PKPU Nomor 12 tahun 2015, dimana dilakukan penundaan sampai 2017,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta (Kamis, 6/8).

Seharusnya, lanjut Husni, sudah tertutup peluang tujuh daerah untuk mengikuti Pilkada serentak 2015, lantaran dengan perpanjangan masa pendaftaran 1-3 Agustus lalu tidak memperoleh tambahan pasangan calon kepala daerah. Keluarnya rekomendasi Badan Pengawas Pemilu membuat KPU membuka kembali pendaftaran di tujuh kabupaten/kota pada 9-11 Agustus nanti.

“Tidak ada inisiasi lain dari KPU. Kecuali ada faktor lain dengan terbitnya aturan perundang-undangan diatas PKPU atau seperti rekomendasi dari Bawaslu,” jelas Husni.

Dia menambahkan, pertimbangan KPU sendiri menerima rekomendasi Bawaslu dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilu. Di mana undang-undang memberi mandat pada Bawaslu untuk memberi rekomendasi apabila Bawaslu mempertimbangkan, melihat adanya kebutuhan dalam tahapan penyelenggaraan pilkada.

“Kekuatan rekomendasi sudah dilegitimasi dalam undang-undang itu. Jadi, buat KPU landasan dari rekomendasi Bawaslu ini cukup untuk kebijakan ini (perpanjangan pendaftaran),” demikian Husni.

Adapun tujuh daerah yang kembali diberi tambahan masa pendaftaran yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Blitar, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Pacitan, dan Kota Surabaya. [zul]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top