Kendaraan Pribadi Berstiker Kandidat, Tidak Boleh Masuk Kantor – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kendaraan Pribadi Berstiker Kandidat, Tidak Boleh Masuk Kantor

FAJARONLINE, MAKASSAR – Jelang masa kampanye bagi setiap calon bupati dan wakil bupati yang akan menggelar pilkada di Sulsel membuat Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel mengingatkan bagi aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai Negeri Sipil (PNS) agar berhati-hati pada masa kampanye.

Salah satu hal yang mendasar dianggap pelanggaran oleh pengawas soal penggunaan sticker di kendaraan. Bawaslu menekankan, meski kendaraan pribadi tetapi yang punya adalah seoarang PNS itu tidak bisa digunakan berkantor.

“Selama tidak digunakan berkantor itu tidak ada masalah. Tetapi, jika digunakan berkantor dan ada sticker atau branding dari salah seorang calon, itu termasuk pelanggaran,” kata Kabag Penindakan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Sulsel Zulkifli, Kamis 6 Agustus.

Hal ini dilakukan agar memberikan peringatan bagi para birokrasi tidak terjerumus dalam politik praktis. Sebab, selama ini banyak para PNS tidak menyadari hal-hal seperti ini karena menggap adalah yang kecil, namun sebenarnya itu adalah pelanggaran. Olehnya itu, lanjut Zulkifli, pengawasan ini mulai ditegakkan setelah penetapan bakal calon menjadi calon pada 27 Agustus mendatang.

“Ini harus menjadi perhatian. Apalagi telah diatur dalam UU No 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara (ASN) yang tidak boleh terlibat dalam pemilu,” tegasnya.

Ketua Panwaslu Bulukumba Muhammad Amin menambahkan, kebijakan tersebut akan ia akan teruskan kepada setiap pengawas, baik di kecamatan maupun di lapangan. “Hal-hal seperti ini yang biasanya dianggap kecil, tapi malah menyulitkan para PNS. Olehnya itu kita berharap ada kerjasama agar tidak dilakukan,”tambahnya. (taq/wik)

Click to comment
To Top