Kopel Bulukumba Buka Posko Pengaduan Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kopel Bulukumba Buka Posko Pengaduan Pilkada

BULUKUMBA, FAJARONLINE —  Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Bulukumba, membuka posko pengaduan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada).

Direktur Kopel Bulukumba, Jafar mengatakan, posko pengaduan ini sebenarnya sudah dibuka sejak awal tahapan Pemilukada, namun sejak dibukanya belum ada laporan yang masuk. Kendati sudah banyak informasi dugaan kecurangan proses tahapan.

Menurut Jafar, dalam rangka mewujudkan Pemilukada secara demokratis, Jurdil dan Luber sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintah Daerah dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2007 Tentang Penyelenggara Pemilu sebagai pijakan hukum penyelenggaraan Pemilukada, maka netralitas dan kemandirian lembaga penyelenggara pemilu itu sendiri harus terjamin.

“Ya, KPUD dan Panwaslu sesungguhnya yang bertanggung jawab penuh untuk menjamin kemurnian hasil sebuah Pemilu,” katanya, kamis 6 Agustus.

Sehingga, jika kedua lembaga ini sudah tidak independen dan professional sebagaimana yang diamanahkan dalam Peraturan KPU Nomor 31 Tahun 2008 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu, maka tambahnya, kemurnian hasil Pemilukada sebagai perwujudan kedaulatan rakyat akan dapat ternodai. (taq)

loading...
Click to comment
To Top