Koperasi di Kendal Harus Siap Hadapi Pasar Bebas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Koperasi di Kendal Harus Siap Hadapi Pasar Bebas

KENDAL – Koperasi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, harus siap menghadapi pasar bebas masyarakat ASEAN pada Desember 2015 mendatang. Koperasi harus mampu bersaing dengan para pelaku ekonomi lain khususnya yang berasal dari negara jiran sesama anggota masyarakat negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

Bahkan koperasi harus mampu menjadi pilar ekonomi negara, sebuah cita-cita lama yang belum terwujud sepenuhnya. Demikian inti dari kegiatan Sarasehan Memperingati Hari Koperasi Ke – 68 yang mengusung tema “Koperasi Dalam Menyikapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Pada Akhir Tahun 2015”, di Pendopo Agung Pemkab Kendal, Rabu (5/8).
Menurut Ketua Bagian Advokasi Dan Fasilitasi DEKOPIN Kendal, C. Sungatman, koperasi di Kabupaten Kendal hingga kini berjumlah 564 koperasi, 163 sudah tidak aktif. Sementara yang telah menjadi anggota DEKOPINDA sebanyak 185 koperasi. Permasalahan yang ada di koperasi di Kabupaten Kendal saat ini berasal dari internal koperasi sendiri. Banyak koperasi yang belum menerapkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai koperasi dengan benar.
Cara kerja koperasi di Kendal hampir sama dengan mengelola perusahaan. Hal tersebut disebabkan lemahnya pemahaman baik pengurus, anggota maupun pengawas lantaran rendahnya Sumber Daya Manusia. Pembentukan koperasi, lanjut Sungatman, hanya didorong oleh semangat membentuk saja tanpa mempertimbangkan aspek kelayakan usaha yang dijalankan. (kdl)

loading...
Click to comment
To Top