Meterial SIM Habis, Pemohon Diberi Surat Keterangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Meterial SIM Habis, Pemohon Diberi Surat Keterangan

TEMANGGUNG, RAJA – Karena mengalami kekosongan material surat izin mengemudi (SIM), para pemohon SIM di Kabupaten Temanggung hingga Oktober dipastikan tidak akan menerima kartu SIM pada umumnya. Hingga bulan tersebut para pemohon hanya akan menerima surat keterangan pembuatan SIM.

Kasatlantas Polres Temanggung AKP Sukma Pradipta ketika dikonfirmasi hal tersebut di kantornya, Rabu (5/8) membenarkan adanya kekosongan material SIM. Kekosongan terjadi dikarenakan tidak ada pasokan material SIM dari Polda Jateng. “Sehabis lebaran, material SIM di Polres Temanggung hanya tersisa 1500 lebar, namun sisa tersebut kini telah habis terpakai, kita sudah minta ke Polda namun karena Polda juga habis, jadi tidak ada pengiriman,” katanya.

Namun demikian, proses pengurusan SIM tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja setelah pemotretan para pemohon hanya akan diberikan surat keterangan telah melakukan proses pembuatan SIM, yang fungsinya sama dengan SIM pada umumya.

“Warga masyarakat khususnya para pemohon tidak perlu khawatir, kita akan beri surat keterangan yang fungsinya sama, bila ada operasi lalu lintas itu bisa dipakai untuk mengganti SIM,“ katanya.

Kasatlantas menambahkan sesuai dengan pemberitahuan dari Polda Jateng, kekosongan material SIM akan terjadi hingga Oktober mendatang, namun untuk kapan pastinya pihaknya belum mengetahui secara  pasti.

“Saat ini memang terjadi lonjakan permohonan SIM  baik A, B, atau C. Dalam sehari permohonan SIM bisa mencapai 100 hingga 150, padahal stok material SIM hanya berkisar 1000 lembar per minggunya,“ pungkasnya.

Sri Sawargo (35) warga Muntung, Ngadirejo, Temanggung, yang mengurus SIM, mengaku bisa memahami kekosongan material SIM tersebut. Hanya dia berharap agar surat keterangan sebagai pengganti SIM benar-benar bisa difungsikan sebagai  mengganti SIM.

“Ya walaupun harus kembali lagi ke Polres bulan Oktober untuk mengambil  kartu SIM namun saya memahami kondisi ini. Namun harapan saya surat keterangan ini benar-benar bisa berlaku seperti SIM, seperti yang dijanjikan oleh Lantas,” katanya. (din)

loading...
Click to comment
To Top