PBNU Kembali Dipimpin KH Said Aqil Siradj – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

PBNU Kembali Dipimpin KH Said Aqil Siradj

RMOL. KH. Said Aqil Siradj kembali terpilih sebagai Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk periode 2015-2020.

Dalam pemungutan suara yang dilakukan di Alun-alun Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur, Kamis dinihari (6/8), Said Aqil unggul lebih dari 100 suara dibandingkan dua kandidat lainnya. Said Aqil memperoleh 287 suara sementara KH. As’ad Said Ali 107 suara, dan KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) 10 suara.

Pemilihan dan pemungutan suara dilakukan satu putaran, karena As’ad Ali memutuskan mundur dan mendukung Said Aqil.

Pimpinan Sidang KH. Ahmad Muzaki mengungkapkan, selanjutnya untuk tim formatur telah ditunjuk tujuh orang. Yaitu, Rais Aam terpilih (KH. Ma’ruf Amin), didampingi Ketua Tanfidziyah terpilih dan perwakilan dari Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Jambi, Papua dan Kalimantan Timur.

Dalam pidato kemenangannya, Said Aqil mengucapkan terima kasih kepada peserta Muktamar ke-33 NU karena kembali dipercaya memimpin PBNU untuk lima tahun ke depan.

Ia juga memuji kebesaran hati As’ad Ali yang memilih mundur sehingga pemilihan ketum PBNU dilakukan satu putaran.

“Padahal beliau bisa untuk melakukan dua putaran namun dengan kebesaran hatinya hanya melaksanakan satu putaran,” tukas Said Aqil. [rus]


Click to comment
To Top