Pemilukada Bersih Ada Ditangan Panwaslu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pemilukada Bersih Ada Ditangan Panwaslu

FAJARONLINE, BULUKUMBA — Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten yang akan menggelar pilkada, salah satunya Bulukumba, memiliki peran penting dalam menciptakan proses demokrasi yang bersih dan damai di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Selatan (Sulsel), Azry Yusuf pada pelaksanaan bimbingan tekhnis, sosialisasi pengawasan partisipatif pemilihan bupati dan wakil bupati.

Menurutnya, Panwaslu memiliki peran strategis untuk menentukan proses berjalannya demokrasi melalui pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada). Sehingga, Panwaslu harus berada digarda terdepan untuk mengajak para pasangan calon (Paslon) mematuhi segala proses pesta rakyat lima tahunan tersebut.

Azry Yusuf mengatakan, salah satu fungsi pengawasan Panwaslu yakni, mengawasi seluruh pelaksanaan dan melaporkan seluruh kecurangan dalam penyelenggaraan Pemilukada. “Termasuk harta kekayaan para bakal calon kandidat, perlu pengawasan agar  menentukan pemimpin yang bersih,” ujarnya.

Selain Panwaslu, lanjut Azry, masyarakat juga perlu berperan aktif dalam pengawasan Pemilukada agar tercipta pemimpin yang bersih dan demi keberlangsungan Pemilukada damai.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Bulukumba, Muh Amin mengaku, akan menjalankan fungsinya sebagai komisioner, demi menciptkan Pemilukada bersih dan damai. ” Kalau ada masyarakat yang mendapatkan pelanggaran, kita siap tindaki sesuai UU No 8 Tahun 2015 atas perubahan UU no 1 2015 Tentang Pemilu,” ujarnya. (taq)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top