Sukseskan Jambanisasi, TNI Bagikan Kloset – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sukseskan Jambanisasi, TNI Bagikan Kloset

BATANG, RAJA – Dalam rangka mensukseskan program Indonesia Sehat, Kodim 0736 Batang membagikan kloset gratis kepada keluarga yang rumahnya belum mempunyai jamban dengan menggunakan dana bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Kodim. Jumlah kloset yang dibagikan Kodim 0736 Batang kali ini mencapai 200 buah lebih yang kemudian disebar ke Koramil-Koramil untuk diserahkan kepada keluarga yang ditunjuk. Setiap Koramil berbeda jumlah penyalurannya.

Koramil 06/Tersono mendapat jatah membagikan 9 buah kloset. Tetapi jumlah ini dirasa masih sangat kurang karena keluarga yang belum mempunyai jamban jumlahnya melebihi kuota dari Kodim. Danramil Tersono Kapten CZI Agus Daryanto berinisiatif menambah jumlah tersebut dengan menggandeng donatur yang bersedia membantu.

Usaha dan hubungan baik yang terbina selama ini tidak sia-sia. Walaupun hanya mendapat tambahan kloset satu biji tapi itu sudah menggembirakan apalagi ada seorang pengusaha toko bangunan yang tidak mau disebutkan namanya ikut menyumbang 1000 bata untuk pembuatan septicktank.

Bersama Babinsa yang sudah membawa data sebelumnya, Agus keluar masuk perkampungan mensurvey keluarga yang akan mendapat bantuan dan yang siap membuat jamban di rumah masing-masing. 10 buah kloset itu dibagikan kepada 4 keluarga di Desa Tersono dan 6 buah di Desa Tanjungsari Kecamatan Tersono Batang pada hari Rabu (5/8).

“Yang kami beri bantuan adalah keluarga yang rumahnya belum ada jambannya. Itupun dengan syarat keluarga yang sudah diberi kloset harus segera memasang dan membuat septictank. Kami tidak mau kloset bantuan itu hanya diletakkan saja,” tegas Agus.

Menurutnya, masyarakat di daerah ini masih banyak yang menggunakan sungai untuk berbagai keperluan seperti mandi, mencuci dan buang hajat. “Saya ngeri melihat ada orang sedang mencuci baju dan peralatan dapur di sungai tetapi ada juga buang hajat besar. Tentunya itu tidak sehat dan dari segi etika juga kurang sopan,” lanjut Danramil.

Kecuali kloset dengan mutu standar, sarana penunjang lain juga diberikan agar dalam pemasangannya nanti tidak memberatkan warga yang menerima bantuan. Untuk setiap keluarga yang terpilih selain mendapat 1 kloset juga masih ditambah 2 batang pipa pralon 3’, 1 pralon 1’, 1 zak semen, bata 100 biji, 1 buah knie, 1 batang besi 8mm dan pasir secukupnya.

Pemasangannya dilakukan oleh warga sendiri dengan arahan dari Babinsa. Pada kesempatan yang sama Kepala KUA Kecamatan Tersono Drs. Muh. Junaidhi juga ikut serta membagikan 10 buah mukena kepada warga. (feb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top