Tersangka Hanggar Diumumkan, Ini Kata ACC – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Tersangka Hanggar Diumumkan, Ini Kata ACC

MAROS, FAJARONLINE — Kasus robohnya hanggar kalibrasi di Bandara Sultan Hasanuddin, Maret lalu mulai menemui titik terang. Polres Maros akan rencananya mengumumkan tersangka atas kasus tersebut, Jumat 7 Agustus besok.
Anti Corruption Committee (ACC) Sulsel, Wiwin Suwandi menyikapi positif rencana penetapan tersangka itu. Dia berharap, yang ditetapkan sebagai tersangka benar-benar pihak yang bertanggung jawab. “Jangan sampai misalnya yang ditersangkakan hanya pekerja biasa, padahal ada otak dibelakangnya,” ujar Wiwin.
Dirinya menyoroti peran penanggung jawab proyek dalam peristiwa tragis itu. Meliputi prosedur pengadaan barang dan jasa, apakah kontraktor memenuhi persyaratan ataukah penunjukannya tidak ada unsur nepotismen. Pengawas proyek juga tidak lepas dari sorotan ACC yang dianggap tidak menjalankan fungsi pengawasan.
Hanggar kalibrasi Bandara Sultan Hasanuddin dikerjakan oleh PT Lience Romauli Raya dan PT Nur Jaya Nusantara, dengan total anggaran dari APBN 2014 sebesar Rp 46,2 miliar. Proyek itu telah rampung hingga 80 persen sebelum runtuh dan menewaskan lima pekerjanya.
Kasus ini memang sempat mandek, salah satunya karena penggantian Kapolres Maros dari AKBP Hotman Sirait ke AKBP Lafri Prasetyono. Selain itu, penyidik Reskrim Polres Maros juga menunggu hasil hasil pemeriksaan dari ahli konstruksi dari Politeknik Negeri Ujung Pandang. (ris)

Click to comment
To Top