Basri Sidehabi Disiapkan Jadi Dubes di Qatar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Basri Sidehabi Disiapkan Jadi Dubes di Qatar

JAKARTA – Pergantian duta besar Indonesia di 33 negara sahabat, akan segera dilakukan. Sejumlah nama pun sudah dipanggil oleh menteri luar negeri perihal pencalonan mereka untuk menduduki jabatan strategis tersebut. Salah satunya Marsekal Madya (Purn) M. Basri Sidehabi.
Pria asal Wajo, Sulawesi Selatan ini, punya catatan militer yang cukup panjang. Namanya dikenal publik sebagai orang Indonesia pertama yang menerbangkan pesawat tempur supercanggih, F-16 TNI AU dari Forthworth Air Force Based, Texas, AS, hingga ke Lanud Iswahjudi.
Menuntaskan 34 tahun karier militernya dengan gemilang, Basri kemudian beralih menjadi politikus. Dia pernah menjadi anggota DPR RI dari Partai Golkar. Kini, tantangan baru siap dijalani jenderal bintang tiga ini. Meski masih ada beberapa tahap lagi, pria 64 tahun ini mengaku siap mengemban jabatan tersebut.
“Prosesnya masih cukup panjang, ada fit and proper test lebih dahulu di DPR. Namun berdasarkan komunikasi terakhir dengan menteri luar negeri, saya memang diminta untuk bertugas di Qatar,” jelas Basri pada Fajar Media Centre di Jakarta, Jumat, 7 Agustus.
Berkarier di luar negeri bukan penugasan pertama dalam karier Basri. Dia pernah menjabat atase pertahanan RI di Washington, AS. Kini, sejumlah program telah disiapkan jika nantinya menjadi duta besar Indonesia di Qatar. Apalagi, saat ini sekitar 50 ribu warga Indonesia bekerja di negara kaya tersebut.
“Yang paling utama adalah bagaimana mengurangi perbandingan neraca belanja kita dengan Qatar. Saat ini masih satu banding tujuh. Dengan sejumlah terobosan, kita bisa meningkatkan ekspor mengingat pasar di sana sangat potensial,” tutur Basri. (ilo)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

loading...
Click to comment
To Top