DBD Mewabah, DPRD ‘Semprot’ Diskes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

DBD Mewabah, DPRD ‘Semprot’ Diskes

FAJARONLINE, PAREPARE — Wabah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai menjangkit masyarakat Parepare. Terbukti, sepanjang Juli-Agustus, sudah ada tiga warga yang tertular virus dari nyamuk Aedes Aegypti itu.

Tiga kasus ini pun terjadi di Keluarahan Lapadde, Parepare. Selain itu, status Kejadian Luar Biasa (KLB) pun sudah tiga kali diberlakukan di Parepare sepanjang 2015 ini. Namun upaya dari pemerintah untuk mengatasi persoalan ini sangat lamban. Hal ini lah yang membuat anggota DPRD geram ke pemerintah, utamanya Dinas Kesehatan.

Anggota Komisi II, Ikbal Khaliq menilai, dinas kesehatan terlalu banyak pekerjaan lain, sehingga lupa pada DBD yang kembali mewabah. Berdasarkan temuan dan status KLB tentang DBD yang sudah tiga kali terjadi menjadi isyarat bahwa Parepare masih belum sehat. Butuh upaya nyata dari pemerintah untuk membasmi virus ini.

“Saya sangat heran, kenapa justru adanya temuan kasus DBD begitu tidak mendapat perhatian dari Pemerintah. Di Lapadde sudah ada tiga kasus DBD, namun sampai saat ini belum ada tindakan pencegahan yang dilakukan pihak Diskes sendiri. Jangan sampai kejadian tahun lalu terulang, salah seorang pasien DBD di RS Fatimah meninggal,” katanya.

Ikbal yang melakukan klarifikasi ke diskes rupanya mendapatkan fakta yang mengejutkan, bahwa pihak dinas tidak mendapatkan laporan adanya kejadian itu. “Saya dapat info dari masyarakat langsung, saat saya reses. Saat saya klarifikasi kenapa pihak dinas kesehatan tidak ada yang tahu? Fungsi pemantau wilayah apa? Jangan-jangan hanya pura-pura tidak tahu,” kesalnya. (syl/wik)

loading...
Click to comment
To Top