Lihat Perbandingannya, Saat Dilantik, Rupiah 9.000, Sekarang 13.500, Oh… Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Lihat Perbandingannya, Saat Dilantik, Rupiah 9.000, Sekarang 13.500, Oh… Jokowi

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengaku sudah memberitahu Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa saat ini Indonesia sudah masuk ke tahap awal krisis ekonomi. Sama dengan krisis 1998.

“Saat bertemu di Istana Bogor, saya sudah beritahu Jokowi bahwa Indonesia sudah masuk ke tahap awal krisis ekonomi. Tapi wajahnya flat (datar) saja,” kata Fadli Zon, di pressroom DPR, Senayan Jakarta, Jumat (7/8).

Dijelaskan Fadli Zon, saat Jokowi dilantik jadi Presiden RI, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berada di kisaran Rp9.000. “Hari ini menjadi Rp13.500, dan ini sangat mengkhawatirkan,” tegasnya.

Dari Rp9.000 menjadi Rp13.500 per dolar Amerika Serikat ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, berarti sudah mendekati 50 persen pelemahan nilai tukar rupiah dalam waktu delapan bulan Jokowi berkuasa.

Kalau pelemahan nilai tukar rupiah terus berlangsung menurut Wakil Rakyat dari daerah pemilihan Jawa Barat V, akan terjadi pelarian dana secara besar-besaran ke luar negeri. “Kalau itu terjadi, langsung Indonesia masuk ke krisis ekonomi,” ungkapnya. (fas/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top