Pelukis Djoko Simbardjo Gelar Pameran Tunggal di Pekalongan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pelukis Djoko Simbardjo Gelar Pameran Tunggal di Pekalongan

PEKALONGAN – Pelukis Djoko Simbardjo menggelar pameran tunggal di Gedung Kesenian dan Olahraga (GOR) Jetayu, Pekalongan pada 6 hingga 9 Agustus. Pameran tersebut telah dibuka langsung oleh Walikota Pekalongan HM Basyir Ahmad, Kamis (6/8).

Dalam sambutannya, Basyir sangat mengapresiasi pameran lukisan tersebut. Dia juga mengharapkan seniman di Pekalongan harus bangkit dan terus berkarya. Dalam pameran bertajuk “Apresiasi Kreativitas” tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Kota Pekalongan.
Djoko Simbardjo memamerkan 200 lukisan karyanya. Ketua Panitia Pameran Lukisan Djoko Simbardjo, Hendrawati Umar dalam sambutannya menjelaskan, Djoko Simbardjo memilih untuk menggelar pameran lukisan di Kota Pekalongan karena ingin berbagi ilmu dengan seniman di kampung halamannya.
Pameran kali ini merupakan pameran tunggal ke-13 dan juga pameran berkelas nasional pertama yang pernah diadakan di Kota Pekalongan.
Pada hari pertama, pameran ini dikunjungi ratusan orang dari daerah sekitar. Pameran ini terasa sangat unik dan menarik seperti yang dikatakan oleh Panitia Pameran, Hendrawati Umar. “Selain sebagai seorang pelukis, Prof. Dr Djoko Simbardjo Sp.B, Sp.OT sejatinya adalah seorang dokter spesialis ortopedi di RSCM Jakarta, sekaligus guru besar kedokteran FKUI. Beliau menjadi salah satu dokter di
Indonesia yang menjadi acuan dalam bidang bedah tulang (ortopedi) yang dalam kegelisahannya selalu melukis dengan getaran jiwa, sehingga di sela kesibukannya sebagai seorang dokter masih menyempatkan diri mempresentasikan hatinya melalui lukisan,” ujar Hendrawati Umar, Kamis (6/8).
Sementara Djoko Simbardjo menjelaskan sebenarnya anak-anak Indonesia kreatif dan penuh karya, hanya saja kurang adanya apresiasi dari pemerintah. “Berkarya tidak tergantung pada waktu, sebenarnya semua orang punya potensi untuk dikembangkan. Nyatanya saya sebagai Dokter masih bisa melukis,” tambahnya.
Rencananya, pameran tersebut akan ditutup oleh Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang juga merupakan putra
daerah asal Pekalongan pada tanggal 9 Agustus 2015. (asn)

Click to comment
To Top