Waduh! Jelang Pilkada, PNS Purbalingga di Kondisikan? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Waduh! Jelang Pilkada, PNS Purbalingga di Kondisikan?

PURBALINGGA, RAJA – Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah menemukan indikasi ketidaknetralan pegawai negeri sipil menjelang pemilihan kepala daerah serentak di 21 kabupaten/kota.

“Kami sudah mulai mengendus dan mendapatkan laporan yang akhirnya kami coba tindak lanjuti di Panwas (Panitia Pengawas) kabupaten/kota,” kata Pimpinan Bawaslu Jateng Teguh Purnomo di Purbalingga, Kamis.

Dia mencontohkan kejadian di Kota Semarang beberapa hari lalu di mana salah seorang camat yang memfasilitasi kedatangan seorang kandidat pilkada setempat. Dalam hal ini, kata dia, camat tersebut memintakan doa restu maupun menyampaikan daftar riwayat hidup kandidat itu.

Akan tetapi, lanjut dia, hal itu tidak dilakukan oleh camat tersebut terhadap kandidat yang lain. “Oleh karena kami melihat ada potensi ketidaknetralan dan itu telah dilakukan, kemarin sudah kami perintahkan Panwas Kota Semarang untuk mengklarifikasi lebih lanjut terhadap hal itu,” katanya.

Selain Kota Semarang, kata dia, kejadian yang hampir sama juga terjadi di Kabupaten Klaten namun dilakukan oleh seorang istri camat sehingga Panwas setempat diminta untuk melakukan klarifikasi. “Klarifikasi-klarifikasi ini bagian dari upaya preventif dan membuat jera mereka. Jadi, sebelum pertarungan ini sebenarnya ada di dalam masa kampanye, dari awal pun sudah kita ‘warning’ bahwa hal-hal yang potensi melanggar ini menjadi perhatian pengawas pemilu,” tegasnya.

Sementara di Kabupaten Purbalingga, dia mengakui bahwa ada beberapa yang dikawal Bawaslu Jateng dan Panwas Purbalingga di antaranya terkait dengan kandidat karena ada petahana yang mencalonkan diri dan ada pasangan bakal calon yang mendaftar di hari terakhir masa perpanjangan pendaftaran pilkada yang oleh masyarakat dikatakan sebagai calon boneka. Selain itu, kata dia, pihaknya mengindikasikan pada saat pendaftaran salah satu kandidat ada beberapa PNS yang terlibat atau melibatkan diri. (In)

loading...
Click to comment
To Top