Astra Join dengan Bridgestone – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Astra Join dengan Bridgestone

FAJARONLINE, JAKARTA – Entitas grup Astra resmi bertambah lagi. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) sebagai anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) membuat perusahaan patungan dengan Bridgestone Corporation asal Jepang untuk memperkuat bisnis suku cadang kendaraan terutama roda empat (mobil).

Direktur AUTO, Hugeng Gozali, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan bahwa pihaknya sudah mendapatkan persetujuan dari pemerintah untuk melebarkan sayap bisnis bersama grup Bridgestone itu.

“Pendirian perusahaan patungan (joint venture) dengan nama PT Bridgestone Astra Indonesia telah disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia,” ungkapnya, kemarin.

Surat persetujuan tersebut tertuang dalam nomor AHU-2450102.AH.01.01 tahun 2015 tanggal 6 Agustus 2015. “Dengan demikian portofolio anak perusahaan perseroan mengalami penambahan,” terusnya.

Pada tahap awal, PT Bridgestone Astra Indonesia akan memproduksi komponen kaki-kaki mobil (anti-vibration) seperti engine mounting, body mounting, dan suspension parts. Dana investasi awal perusahaan patungan itu sebesar Rp 174 miliar.

Hugeng menyatakan kesepakatan pembentukan perusahaan dimulai sejak 2 Juli 2015 melalui penandatanganan oleh kedua pihak berisi tentang perjanjian usaha patungan dalam rangka kerja sama pendirian perusahaan patungan dan pengembangan bisnis komponen otomotif.

Bridgestone menguasai 51 persen saham dan sisanya 49 persen dimiliki oleh AUTO. Bridgestone yang berpusat di Tokyo, Jepang, sejatinya sebagai perusahaan ban dan karet terbesar di dunia. Perusahaan yang berdiri sejak 1931 itu memiliki 170 fasilitas manufaktur di 26 negara dengan total penjualan bersih JPY 3,67 triliun pada tahun fiskal 2014.

Namun untuk langkah awal bisnis dengan Astra, Bridgestone tidak memproduksi produk andalannya itu. Terlebih untuk bisnis ban, Astra sudah menjalin kesepakatan dengan produsen ban asal Italia, Pirelli Tyre S.p.A. Kedua pihak telah bekerja sama membangun pabrik ban motor di Subang untuk pasar ekspor dan Indonesia. (gen/tia)

loading...
Click to comment
To Top