Formappi Curiga Ada Skenario Dibalik Munculnya Calon Tunggal Pilkada – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Pilkada

Formappi Curiga Ada Skenario Dibalik Munculnya Calon Tunggal Pilkada

JAKARTA – Di detik-detik penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 ada-ada saja persoalan. Teranyar, maraknya calon tunggal yang akan mengikuti pilkada di tujuh daerah. Menanggapi soal itu, Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang menyatakan, ada skenario dibalik maraknya calon tunggal dalam pemilihan kepala daerah (pilkada).

Skenario ini terkait dengan kepentingan politik atau ambisi politik calon yang didukung partai. Sehingga, pelaksanaan pilkada di sana terancam ditunda hingga 2017.‎ Menurut Sebastian, sebenarnya ada calon lain yang ingin maju dalam pilkada.

“Kalau dicermati ‎tujuh daerah yang sekarang ini masih tetap calon tunggal, itu sebetulnya bukan tidak ada calon yang lain. Ada, tetapi mereka tidak mau mendaftar. Artinya si calon dengan partai politik ini kerja sama untuk menyetop pilkada pada tahun 2015, lalu diundur ke 2017. Ini kan bagian dari skenario,” kata Sebastian usai diskusi “Retaknya Pilkada Serentak” di Cikini, Jakarta, Sabtu (8/8).

Karena itu, Sebastian menyatakan, penyelenggara pemilu harus mengidentifikasi partai-partai mana yang sudah memberikan dukungan kepada calon-calon tertentu, tapi mereka tidak mendaftar. ‎Mereka harus mendorong partai supaya calonnya mendaftar di KPU.

Apabila mereka tidak mau mendaftar, Sebastian mengatakan, harus dibuat kesepakatan supaya partai tersebut tidak mencalonkan orang yang sama pada pilkada tahun 2017. Pasalnya, mereka telah menyandera agenda nasional demi kepentingan pribadi.

“Kalau dibiarkan terus menerus menurut saya upaya seperti ini akan dilakukan terus ke depan,” ‎tandas Sebastian. (gil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top