KPU Selayar Dinilai Lalai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPU Selayar Dinilai Lalai

FAJARONLINE, MAKASSAR — Upaya perlawanan terus dilakukan pasangan Aji Sumarno-Junaedi Faisal untuk tetap bisa ikut pilkada 9 Desember mendatang. Pasca digugurkan KPU Selayar, pasangan ini terus mendesak KPU mengakomodir mereka. Bukan hanya antara dua kubu paslon yang bertarung, melainkan pengaruh Bupati Syahrir Wahab yang tak lain mertua dari cabup Aji Sumarno. Direktur Nurani Strategic, Nurmal Idrus mengatakan seharusnya keputusan KPU baru disampaikan 24 Agustus mendatang. Sebab berdasarkan PKPU mengenai jadwal dan tahapan, penetapan calon baru dilakukan 24 Agustus mendatang.

Dia melihat ada kelalain yang dilakukan KPU. Kalaupun pada akhirnya Aji Sumarno gagal bertarung, maka persaingan head to head meski diwaspadai secara ketat. Potensi konflik akan semakin besar, sebab kekuatan, isu, dan kecurigaan hanya akan terpolarisasi pada dua kandidat. “Namun, Justru potensi konflik yg lebih besar bisa saja akan terjadi pasca 24 Agustus. KPU harus bersikap tegas, konsisten dan satu suara. Komisioner tak boleh terpecah dan mereka harus siap menanggung risiko bersama-sama,” kata Nurmal, Sabtu 8 Agustus.

Mantan Ketua KPU Makassar ini mengatakan kasus yang dialami Selayar, menjadi ujian awal komisioner saat ini. Tantangan pilkada kedepan akan jauh lebih berat dialami. Mereka harus berpegang pada aturan di UU dan PKPU. “Mereka tak boleh membuat interprestasi tersendiri terhadap aturan,” bebernya. (nur)

loading...
Click to comment
To Top