RSUD Batang Kini Punya Poly Orthopaedi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

RSUD Batang Kini Punya Poly Orthopaedi

BATANG, RAJA – RSUD Kabupaten Batang sekarang sudah mempunyai poly khusus penanganan tulang atau orthopaedi. Kebutuhan akan poly tulang ini memang dirasakan sangat mendesak karena di daerah Batang sering terjadi kecelakaan lalulintas maupun kecelakaan kerja yang memerlukan penanganan khusus.

Selama ini pasien yang mempunyai permasalahan dengan tulang berobat ke rumah sakit di luar Batang. Dengan dibukanya pelayanan ini diharapkan masyarakat Batang tidak perlu bersusah payah mencari pengobatan ke tempat yang jauh. Selain itu juga ada aturan yang menuntut untuk diadakannya poly orthopaedi di rumah sakit besar.

Hal ini dikemukakan Kepala RSUD Batang dr. Bekti Mastiadji, Sp kepada media di ruang kerjanya ketika merilis Poly Orthopaedi ini Jumat (7/8). Saat ditanya mengapa baru sekarang ada,  dr. Bekti menjawab kalau dulu pernah ada tetapi berhubung dokter yang menangani tidak bersedia terpaksa vakum.

Poly Orthopaedi sekarang ditangani oleh dr. Kamal Adib, Sp.OT, M.Kes yang sebelumnya bertugas di RSUD dr. M. Yunus Provinsi Bengkulu sejak 2004. Pria kelahiran Surabaya 28 Mei 1975 ini mulai bertugas di RSUD Batang terhitung sejak 3 Agustus lalu dan menempati ruang khusus penanganan tulang dengan peralatan yang cukup lengkap dan modern.

Ayah 3 anak ini adalah lulusan S-2 UNS Solo jurusan Orthopaedi danTraumathologi tahun 2015 dan memperdalam pendidikan prakteknya di RS Prof. Suharso dan RS Mawardi Solo. Waktu pertama poly dibuka, dr. Akmal langsung menangani pasien perempuan 60 tahun yang menderita gangguan tulang panggul yang remuk karena diurut oleh dukun pijat. Setelah diperiksa akhirnya diputuskan untuk mengganti tulang tersebut dengan logam titanium yang oleh dr. Akmal dijamin 300 tahun tidak akan berkarat.

Saat ini sambil menunggu perkembangan, jam buka poly orthopaedi RSUD Batang setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Sedangkan di hari lain dr. Akmal stanby di UGD dan siap melayani 24 jam penuh 7 hari seminggu.

Kebutuhan dokter spesialis tulang di Batang sangat vital terbukti dengan jumlah pasien yang sudah ditangani dr. Akmal.  Baru bertugas 4 hari saja sudah ada 8 pasien mulai dari kecelakaan lalulintas, kecelakaan kerja maupun kelainan tulang karena faktor usia.

Untuk kedepannya dr. Akmal berharap bisa menangani pasien tidak hanya karena kecelakaan atau trauma saja tetapi juga karena kelainan bawaan lahir seperti kaki bengkok, osteoporosis dan cacat lainnya. Untuk itu dia mengimbau agar masyarakat tidak ragu untuk segera periksa jika terjadi gangguan tulang.

“Jangan terkendala biaya karena sekarang sudah ada BPJS yang menanggung,” tegasnya.

Dr. Akmal rencananya akan mengajak tukang urut tradisional untuk bekerjasama sekaligus memberi penyuluhan tentang susunan tulang agar tidak terjadi salah penanganan. (feb)

loading...
Click to comment
To Top