Walah.. Hanya Sekejap, Kawanan Pencuri Sukses Kuras Duit Ratusan Juta dari ATM – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Walah.. Hanya Sekejap, Kawanan Pencuri Sukses Kuras Duit Ratusan Juta dari ATM

LENGKONG – Anjungan tunai mandiri (ATM) BCA yang berada di dalam Indomaret di Jalan Turangga No 17, Bandung, dibobol kawanan pencuri. Dalam aksi yang terjadi sekitar pukul 05.45, Sabtu (8/8), pelaku yang diduga berjumlah tiga orang berhasil menggasak uang tunai yang berada di dalam mesin ATM sebesar Rp 196,2 juta.

Kapolsek Lengkong Komisaris Jaya Hardianto menuturkan, ketiga pelaku tersebut menjalankan aksinya secara terorganisir. Hal itu tampak ketika seorang pelaku menunggu di luar minimarket, sementara dua orang lainnya membobol mesin ATM di dalam.

“Dari CCTV, dua orang itu beroperasi tanpa menggunakan topi dan kupluk, tapi secara kasar wajah mereka kurang jelas. Dari rekaman mereka beroperasi dengan posisi jongkok, jadi sulit ditebak,” tutur Jaya di Mapolsek Lengkong.

Jaya juga menyatakan, dalam membobol mesin uang tersebut para pelaku tidak menggunakan mesin las, melainkan mesin pemotong besi.

“Para komplotan memang profesional, dari waktu kejadian yang normalnya warga mulai beraktivitas, tapi mereka santai menjalankan aksinya,” ujarnya.

Saat disinggung adanya oknum orang dalam yang beraksi, dirinya tak menutupi kemungkinan tersebut. Saat ini, pihaknya masih berupaya mencari keterangan dari berbagai pihak atas insiden itu.

“Belum ada arah ke sana. Yang pasti keterangan sebanyak-banyaknya kita himpun,” tukas Jaya.

Pihaknya juga sudah memanggil empat orang saksi, di antaranya dua orang karyawan minimarket, delegasi bank serta vendor ATM atau yang berwenang mengisi uang. Barang bukti yang sementara didapatkan dari tempat kejadian perkara (TKP) hanya obeng dan isolasi untuk memecahkan kaca.

“Untuk saksi dari masyarakat tidak ada,” singkatnya.

Pembobolan mesin ATM ini adalah kejadian yang kesekian kalinya. Beberapa waktu lalu, dua mesin ATM BNI 46 juga sempat dibobol kawanan pencuri, salah satunya gagal karena dipergok penjaga keamanan. Kasus tersebut terungkap, setelah Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung meringkus kawanan pembobol ATM tersebut.(vil/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top