KPUD Maros Kekurangan 3.000 Alat Peraga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPUD Maros Kekurangan 3.000 Alat Peraga

FAJARONLINE, MAROS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros memulai pemutakhiran data pemilih setelah tahapan sebelumnya dianggap rampung. Sayang KPUD terkendala kurangnya alat peraga, di antaranya stiker model AA.2-KWK.

Stiker itu merupakan tanda bukti pencocokan dan penelitian (coklit) ditempel di rumah warga seusai pendataan. KPUD kekurangannya mencapai  3.000 lembar. Padahal stiker itu wajib dipasang usai data pemilih dimutakhirkan. “Paling banyak kekurangan stiker model AA.2-KWK,,” ujar Komisoner KPUD Maros, Saharuddin.

Hal tersebut karena data warga yang memenuhi syarat memilih dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berbeda dengan jumlah riil lapangan. “Data dari capil yang ingin kita mutakhirkan  sebelum September mendatang. Karena itu stiker juga harus secepatnya ditambah sesuai jumlah kekurangannya,” katanya.

Kadis Kependudukan dan Capil Mros, Muh Nawir mengakui data hasil kerjanya tidak 100 persen valid. Ada data warga yang dobel dan meninggal. Juga  ada  penambahan pemilih. Data itu juga berasal dari pendataan warga saat pembuatan e-KTP, sementara masih banyak warga yang belum terdata e-KTP.  “Kami berikan data sesuai permintaan KPUD. Jadi data awalnya memang dari kami. KPUD yang akan memperbaharui menjadi DP4,” tuturnya.  (ris)

loading...
Click to comment
To Top