Masika ICMI Sulsel Gelar Pelantikan dan Diskusi Kebangsaan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Masika ICMI Sulsel Gelar Pelantikan dan Diskusi Kebangsaan

FAJARONLINE, MAKASSAR – Majelis Sinergi Kalam (Masika) ICMI Sulsel, sore ini, Minggu 9 Agustus 2015 melaksanakan pelantikan Pengurus Masika ICMI Organisasi Daerah Makassar. Pelantikan ini dirangkaikan dengan Diskusi Kebangsaan yang mengangkat tema “Ketahanan Nasional dalam Multi Perspektif”.

Hadir sebagai pembicara adalah Andi Ahmad Yani, Agussalim Burhanuddin, budayawan Alwy Rahman, dan Peneliti Kementerian Agama, Sabara Nuruddin.

Dalam presentasinya, Ahmad Yani mengungkapkan bahwa institusi publik yang ada di Indonesia mayoritas sangat kurang dalam aspek kepemimpinan, dalam hal ini terkait pemimpin dalam konteks sebagai institutional builder. Karena kebanyakan pejabat publik (pemimpin) lebih bisa mengembangkan person (individu), namun tidak pada level institusi, hal itulah yang menjelaskan mengapa pada beberapa institusi yang ada regenerasi selalu dilanjutkan melalui sistem monarki, yaitu menurunkan tongkat kepemimpinan pada anak (biologis) sang pemimpin.

Pembicara lainnya, Agussalim menjelaskan bahwa perspektif pertahanan dan keamanan di Indonesia masih memakai pendekatan konvensional yaitu national security. Sementara pendekatan sekarang telah berkembang pada non-traditional security, yaitu Human Security, dimana ancaman ketahan pangan, penyakit menular, bencana alam, juga menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk TNI.

Budayawan Alwy Rahman mengutip beberapa filsuf yang berbicara tentang konsepsi sebuah nation. Dalam presentasinya dia menjelaskan bahwa tidak ada nation yang tidak dibangun diatas dinasti. Persoalannya di Indonesia, dinasti yang menjadi kaki berdirinya nation ini justru dimatikan dan terlempar atas nama demokrasi.

Pembicara lainnya Sabara, yang telah melakukan fact finding di Tolikara 2 hari setelah terjadinya konflik mengatakan bahwa fundentalisme agama, baik Islam, Kristen maupun agama lainnya, adalah aspek yg akan selalu merongrong eksistensi negara.

Ketua Masika ICMI Orwil Sulsel dalam sambutannya mengungkapkan harapannya bahwa dengan terbentuknya Masika ICMI Orda Makassar, maka Masika dapat lebih berperan dalam menyelesaikan persoalan umat, persoalan kebangsaan dan lebih terterima oleh masyarakat luas. (*/rilis)

loading...
Click to comment
To Top