Jelang Pilkada Maros, Akun Anonim Marak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Jelang Pilkada Maros, Akun Anonim Marak

FAJARONLINE, MAROS — Menjelang Pilkada Maros, media sosial, terutama facebook, ramai dengan kehadiran akun anonim. Akun-akun anomin ini secara aktif berkomentar di akun-akun warga Maros yang sedang membahas proses Pilkada, tak jarang, komentar-komentar mereka bernada menyerang dan provokatif.
Pembina Komunitas Blogger Maros, Ilham Halimsyah mengemukakan, selama ini dikenal ada tiga jenis penggunaan identitas di media, yakni pseudonim dapat diterjemahkan sebagai nama pena, nama fiksi atau nama alias. Sementara anonim, tidak memiliki kejelasan identitas. “Dalam pelbagai beberapa referensi pseudonim dan anonim tidak dibedakan,” ungkapnya.
Ditambahkannya, banyak orang-orang yang tidak ingin apa yang mereka katakan di dunia online dikaitkan dengan identitas sehari-hari mereka. Isu-isu sengaja dihembuskan menggunakan akun anonim, karena jika menggunakan identitas sebenarnya, ia akan berusaha untuk mempertanggungjawabkan tulisan-tulisannya.
“Seseorang yang membuat dan menulis dengan akun-akun anonim mungkin saja mereka merasa tidak diterima di dunia nyata, mereka akan mencoba eksistensinya di dunia maya,” ujar penggiat Internet Sehat itu.
Budayawan Maros, Lory Hendrajaya menambahkan, akun anonim mewakili sifat pemiliknya, yang tidak jantan, suka sembunyi, dan lebih parah karena mereka seenaknya berkomentar dengan identitas palsunya.  “Ini sangat tidak mendidik khususnya dalam diskusi publik lewat media sosial,” ujar penyiar yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh pendidikan di Maros itu.
Magister Ilmu Komunikasi ini menambahan, dalam teori komunikasi ini bisa berindikasi mengacau proses penyampaian pesan karena tidak adanya kepercayaan terhadap penyampai pendapat (komunikan) kepada penerima pesan.  “Ini bisa membuat publik malas berinteraksi karena akun abal-abal yang berseleweran,” pungkasnya. (ris/wik)
loading...
Click to comment
To Top