Mapel Imtaq Buat Nyaman Murid Kelas I-II SD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Mapel Imtaq Buat Nyaman Murid Kelas I-II SD

FAJARONLINE, SUNGGUMINASA — Pemberlakuan mata pelajaran (mapel) iman dan taqwa (imtaq) bagi murid kelas I dan II SD di Kabupaten Gowa menggantikan sistem lama, belajar membaca menulis, dan mengitung (calistung) tidak mucul tiba-tiba. Ide itu didahului perenungan Bupati Gowa, H Ichsan Yasin Limpo, diskusi para tokoh pendidikan, pakar, dan guru besar perguruan tinggi ternama Indonesia sebagai upaya memberi kebebasan dan kenyamanan belajar bagi anak usia 6-8 tahun. Terobosan itu juga sebagai penyempurnaan sistem kelas tuntas berkelanjutan (SKTB) yang telah diterapkan beberapa tahun di Kabupaten Gowa.

Dosen UNM, Prof M Jufri menyatakan bersama beberapa pakar pendidikan mengapresiasi ide Ichsan Yasin Limpo tersebut. Bahkan pertimbangannya psikologis calistung di SD kelas 1 selama ini dianggap tidak tepat. “Secara psikologis anak yang sebelumnya TK diperhadapkan pada kondisi bermain. Tapi di SD mereka diperhadapkan pada kondisi disiplin yang membuat anak tertekan. Kondisi tertekan tersebut bakal berdampak buruk pada murid, di antaranya sulit menerima pembelajaran pada masa mendatang,” ujarnya.

Menurut Ichsan, orangtua jangan bangga jika memiliki anak usia 3-8 tahun pintar membaca dan menghitung. “Anak dengan usia seperti itu belum waktunya diisi kecerdasan. Jika diisi, maka kecerdasan tidak akan bertambah. Usia 3-8 tahun waktu buat bermain. Jangan ki larang anakta bermain. Yang perlu dilakukan orang tua menjaga anak tidak celaka,”  katanya. (jai)

loading...
Click to comment
To Top