Tahukah Anda? Inilah Penyebab Penjualan Batu Akik Merosot, dan Solusinya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Tahukah Anda? Inilah Penyebab Penjualan Batu Akik Merosot, dan Solusinya

TREN Batu Akik masih ada. Trennya akan lama berakhir. Hanya saja demam batu akik bisa surut. Hal ini sebagaimana yang terjadi saat ini.

Banyak para pedagang yang mengeluh, dagangan mereka tidak laku terjual. Bahkan ada pedagang Batu Bacan yang mengungkapkan, batunya yang sudah dalam bentuk cincin jika satu bulan laku 1 juta sudah sangat lumayan.

Sebenarnya bukan hanya batu bacan, tapi juga batu lainnya. Apa penyebabnya? Penyebabnya adalah kondisi ekonomi Indonesia yang loyo.

Indonesia banyak utangnya, baik di Bank Dunia, Eropa, bahkan utang di China yang terbesar. Utang Indonesia membengkak setelah Jokowi jadi Presiden.

Indikator ekonomi lainnya adalah serapan APBN rendah, banyak proyek tidak sampai di masyarakat kecil, sehingga mempengaruhi peredaran uang di masyarakat.

Sedangkan dollar Amerika terus menguat. Sebelum Jokowi jadi presiden, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika hanya 9 ribu, sekarang melebihi 13 ribu. Salah siapa?

Banyak pengamat ekonomi menyebutkan, kondisi ekonomi Indonesia menuju krisis berat. Sebagaimana tahun 1998.

Untuk diketahui, bukan hanya penjualan batu saja yang merosot, tapi semua pedagang menjerit. Coba tanyakan saja ke penjual pakaian, tokoh bangunan, dan lainnya. Kalian akan mendapati jawaban bahwa omset penjualan mereka menurun drastis.

Itu karena kondisi ekonomi Indonesia sekarang menuju kebangkrutan. Kita bisa menjadi negara gagal. Sebagaimana  Yunani.

Jika anda para pedagang batu akik, solusinya adalah, teruslah melakukan penjualan seperti biasa, tapi juallah dengan harga murah atau terjangkau. Karena dipastikan jika anda jual dengan harga mahal, tidak ada yang mau membeli, sebab kebanyakan orang kaya saat ini sedang waspada dalam penggunaan uang, sebab takut Indonesia mengalami krisis keuangan berkepanjangan. (**)

loading...
Click to comment
To Top