Anak-Anak Indonesia Sampaikan 8 Tuntutan di Hadapan Jokowi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Anak-Anak Indonesia Sampaikan 8 Tuntutan di Hadapan Jokowi

BOGOR – Hari ini Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2015 dilaksanakan bersama Presiden Joko Widodo. Pelaksanaan HAN itu bukan sekadar acara seremonial semata. Peringatan ini menjadi kesempatan bagi-bagi anak-anak untuk menyampaikan tuntutan dan harapan langsung di hadapan presiden.

Duta anak seluruh Indonesia menyampaikan ‘suara anak’ yang sudah dirumuskan dalam 8 poin. Suara Anak ini dibacakan Putu Febri Krisna Pertiwi dan Deniswar E.R. Salah satu tuntutan anak yang selalu disampaikan tiap tahun adalah meminta dihindarkan dari lingkungan yang penuh asap rokok.

“Jauhkan kami dari rokok, minuman keras dan narkoba,” ucap duta anak Febri membacakan tuntutan tersebut.

Selain itu, anak-anak meminta ada peningkatan pendidikan karakter di seluruh Indonesia. Anak-anak juga berharap pendidikan di daerah lebih diperhatikan. “Ketiga, perhatikan pendidikan kami di daerah pelosok dan keempat, utamakan kami yang lebih membutuhkan,” imbuh Febri.

Anak-anak juga mengingatkan pemerintah untuk melakukan perlindungan maksimal dari kekerasan. Termasuk melindungi anak-anak dari daerah rawan konflik.

“Lindungi kami dari kekerasan diskriminasi dan eksploitasi dan awasi makanan kami. Ketujuh, perhatikan kami di daerah rawan bencana dan konflik,” ujar Deniswar.

Pemerintah dan masyarakat juga diingatkan untuk memberi kesempatan anak-anak berpendapat dan menghargainya. Deklarasi Suara Anak ini adalah hasil pertemuan Forum Ank Nasional (FAN) 2015 yang telah berlangsung selama 3 hari sebelum puncak peringatan HAN. Ini adalah murni tuntutan yang ditulis anak-anak yang terpilih mewakili daerahnya masing-masing. (flo/jpnn)

To Top