Beda Pendapat dengan Menteri Gobel, Susi : Semua Garam Bisa Dimakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Beda Pendapat dengan Menteri Gobel, Susi : Semua Garam Bisa Dimakan

JAKARTA –  Dua anak buah Presiden Joko Widodo terlibat perdebatan masalah garam. Kedua Menteri itu adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel.

Menteri Susi kurang sependapat dan merasa keberatan dengan pernyataan Menteri Gobel yang menyatakan bahwa rembesan impor garam industri tidak mengganggu hasil petani garam lokal.

Susi keberatan dengan pandangan Gobel, yang mengatakan garam industri yang diimpor beda spesifikasi dengan garam yang diproduksi di dalam negeri dan tidak bisa dimakan. Menteri asal Pangandaran, Jawa Barat ini justru merasa aneh dengan pernyataan Gobel. Sebab sedianya semua jenis garam layak dikonsumsi.

“‎Garam industri sama garam rumahan dan aneka pangan itu semua bisa dimakan. Kalau ada yang bilang garam industri itu enggak bisa dimakan saya agak aneh. Karena semua garam bisa dimakan,” ungkap Susi di kantornya, Jakarta, Selasa (11/8).

Susi menjelaskan, yang membedakan antara garam industri dan garam rumahan hanya pada kualitasnya. Di mana garam industri memiliki kualitas yang bagus dan sangat bersih, dengan NHCI di atas 96 dan magnesium yang lebih rendah.

“Warna dan kadar air lebih rendah. Itu  garam yang dibutuhkan industri kimia Indonesia,” ungkap bos Susi Air ini.

Sayangnya garam jenis tersebut saat ini belum bisa diproduksi oleh petani garam lokal karena belum bisa memenuhi standar yang diperuntukkan bagi garam industri. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top