JCH Bantaeng Didominasi Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

JCH Bantaeng Didominasi Petani

FAJARONLINE,BANTAENG – Sedikitnya 80 persen dari 148 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Bantaeng yang siap diberangkatkan ke Mekkah didominasi kalangan petani. Sementara 15 persen lainnya dari pedagang/pengusaha, dan 5 persen sisanya diisi kalangan pegawai/karyawan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bantaeng, H. Anwar Abubakar,  mengatakan, JCH Bantaeng tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 22 embarkasi Hasanuddin Makassar. Rombongan haji daerah ini bergabung dengan 302 jemaah asal Kabupaten Bone.

“Dari jumlah itu kebanyakan dari layr belakang petani. Untuk kloter tidak cukup satu. Maka digabung dengan jemaah Bone yang jumlahnya dua kalilipat lebih besar,” kata Anwar, Selasa 11 Agustus.

Dikatakan, saat ini seluruh jemaah sedang mengikuti manasik sebagai tahapan persiapan berangkat ke Mekkah, Saudi Arabia.  “Mereka kini sedang mengikuti bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan serta pengurusan dokumen perjalanan ibadah haji,” ungkapnya.

Anwar menambahkan, terkait jumlah daftar tunggu calon jemaah haji (CJH), setiap tahun mengalami peningkatan. Ini karena masih adanya pembatasan kuota haji yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, sehingga berimbas juga dengan sedikitnya kuota haji setiap kabupaten/kota yang diberangkatkan.

Ia berharap meski kuota calon haji terbatas, namun pemerintah melalui Kemenag akan berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi penyelenggaraan ibadah haji di Kabupaten Bantaeng. “Kemenag sebagai institusi teknis siap memberikan pelayanan terbaik bagi calon haji di daerah,” jelas Anwar Abubakar.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh calhaj agar dapat memperhatikan dan menjaga kesehatan selama perjalanan dan saat di Tanah Suci. Dengan begitu, para jamaah dapat melaksanakan ibadah lebih khusyuk dan sempurna agar dapat memperoleh haji mabrur. (taq)

Click to comment
To Top