Lakukan Mutasi, Pencalonan Bisa Dibatalkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Lakukan Mutasi, Pencalonan Bisa Dibatalkan

LUWU UTARA – Bupati Luwu Utara Arifin Junaidi beberapa waktu lalu pernah menyatakan bahwa dirinya masih bisa melakukan mutasi dalam lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra). Alasannya, karena dirinya belum ditetapkan sebagai calon Bupati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehingga masih bisa melakukan tugas-tugasnya sebagai seorang Bupati termasuk melakukan rotasi pejabat.

Pernyataan itu mendapat tanggapan dari berbagai pihak, termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara Luwu Utara.

Divisi Hukum dan Humas KPU Luwu Utara, Abdul Aziz, yang dikonfirmasi melalui telepon seluler mengatakan bahwa, terkait dengan pernyataan Bupati bahwa dirinya masih bisa melakukan mutasi. KPU tidak bisa melarang atau menghalangi bupati untuk melakukan mutasi tersebut, namun untuk saat ini KPU tetap mengacu pada undang undang dan Peraturan KPU (P-KPU).

“Sampai hari ini, KPU belum menerima surat edaran dan penyampaian dari KPU pusat dan Provinsi, terkait dengan apakah Bupati atau petahana dapat melakukan mutasi atau tidak setelah ditetapkan sebagai calon tetap. Yang pastinya sekarang ini KPU tetap mengacu dan mempedomani undang-undang dan PKPU yang ada sekarang ini bahwa petahana tidak boleh melakukan mutasi enam bulan sebelum masa jabatan berakhir,” jelas Aziz.

Ia menambahkan, kalaupun bupati melakukan mutasi saat ini walaupun sudah jelas sesuai aturan bahwa hal itu bisa membatalkan pencalonannya, akan tetapi keputusannya bahwa betul-betul melanggar aturan ada pada Panwas yang melakukan kajiannya.

“Pastinya KPU Luwu Utara tetap mengacu pada undang undang dan PKPU yang ada sekarang ini. akan tetapi soal memutuskan apakah melanggar aturan jika bupati saat ini melakukan mutasi, semuanya di putuskan oleh Panwas sesuai aturan yang berlaku,” jelas Aziz. (**)

loading...
Click to comment
To Top