Soal Calon Tunggal, Menteri Tedjo Berharap Lima Daerah Segera Menyusul – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Soal Calon Tunggal, Menteri Tedjo Berharap Lima Daerah Segera Menyusul

BOGOR – Menkopolhukam Tedjo Edhy Purdijatno girang bukan kepalang karena dua wilayah sudah menyiapkan calon tambahan dalam pilkada serentak. Tedjo berharap, lima daerah yang sebelumnya masih memiliki calon tunggal bisa segera mendaftar di KPU setempat.

Lima daerah itu ialah Tasikmalaya, Blitar, Mataram, Samarinda, dan Timor Tengah Utara “Surabaya sudah, Pacitan juga sudah. Kami harapkan yang lima lagi akan segera menyusul,” ujar mantan KASAL tersebut saat ditemui di kompleks Istana Bogor, Selasa (11/8).

Tedjo mengatakan, sejauh ini pemerintah belum memutuskan bakal mengeluarkan perppu terkait calon tunggal. Presiden Joko Widodo, sambung Tedjo, masih menunggu komitmen parpol untuk mengajukan calon terbaiknya.

Namun, kementerian terkait sudah menyiapkan perppu. Nantinya, perppu tersebut baru akan dikeluarkan ketika ada permintaan mendesak.

“Sampai saat ini belum ada rencana perppu. Kalau memang ada yang hanya satu calon, maka kembali ke UU 8/2015. Daerah itu akan ditunda sampai 2017,” imbuh menteri asal Partai Nasdem tersebut.

Tedjo menilai, situasi kali ini tidak terlalu genting sehingga tak memerlukan perppu. Pemerintah juga masih akan menggelar rapat evaluasi terkait perpanjangan waktu sambil menunggu pendaftaran lima daerah lainnya. (flo/jpnn)

Click to comment
To Top