Berat..!! Ini Tantangan Menteri Rizal Ramli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Berat..!! Ini Tantangan Menteri Rizal Ramli

JAKARTA-Enam pos kementerian telah diisi oleh orang-orang baru. Empat diantaranya merupakan menteri yang berhubungan dengan perekonomian rakyat, seperti Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri PPN/Bappenas Sofyan Djalil, dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

Dari keempat menteri baru itu, hanya Rizal Ramli yang memiliki gagasan-gagasan perubahan di sektornya. Namun begitu, gagasan-gagasan Rizal Ramli d‎iperkirakan akan menghadapi tantangan dari barisan kementerian ekonomi lain yang bercita rasa neolib.

Begitu kata analis Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Dani Setiawan kepada Kantor Berita Politik RMOL (Fajar Grup) Rabu, 12/8).

“Saya memperkirakan RR akan menghadapi tantangan di barisan kementerian ekonomi tadi. Kalau menteri keuangan nggak mau kasih anggaran atau beri kebijakan disinsentif buat nelayan dan pelaku usaha di sektor kemaritiman, dia mau buat apa?” ujarnya.

Dani meminta agar Rizal Ramli bisa bergerak cepat. Ujian pertama RR, lanjutnya, adalah kebijakan sektor energi dan pertambangan. Terutama, memutuskan soal Freeport, Newmont, dan Blok Mahakam.

“Kedua, RR harus menolak penggunaan utang untuk pembangunan sektor kemaritiman,” tandasnya. [sam/rmol]

loading...
Click to comment
To Top