Mengapa Puan Maharani Tidak Direshuffle? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mengapa Puan Maharani Tidak Direshuffle?

JAKARTA-Tak mengherankan bila Puan Maharani aman dan selamat dari reshuffle. Sebab selama ini bahwa memang menteri koordiantor yang paling aman adalah‎ ‎Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

‎”Sejak awal saya sudah sering mengatakan Menko PMK yang justru aman dari isu reshuffle, diantara menko lainnya,” kata ‎Direktur Ekskutif Indo Barometer, M Qodari‎, beberapa saat lalu (Rabu, 12/8).

‎‎Menurut Qodari, wajar Puan tidak kena reshuffle karena praktis program kerja kabinet yang paling jalan adalah kementerian di bawah koordinasi Kemenko PMK.

‎‎Dia menjelaskan, dua hal yang jadi concern utama Presiden Jokowi terkait reshuffle. Pertama, soal pencapaian target kerja para menteri. Kedua, soal kemampuan komunikasi dan koordinasi dari menteri. ‎

‎”Kita lihat inilah kelemahan dari Tedjo Edy (sebagai Menko Polhukam), Sofyan Djalil (sebagai Menko Ekuin), dan Indroyono (sebagai Menko Kemaritiman) selama ini,” ungkapnya.

‎‎Dalam reshuffle kali ini Presdien Jokowi mengganti Sofyan Djalil dari posisinya sebagai Menko Ekuin untuk kemudian posisi tersebut diisi oleh Darmin Nasution. Adapun posisi Indroyono Susilo sebagai Menko Kemaritiman digantikan oleh Rizal Ramli. Sementara Menko Tedjo Edi P sebagai Menko Polhukam digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan.‎[ysa/rmol]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top