Panitia Festival Full Moon, Janji Lunasi Utang Perahu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Panitia Festival Full Moon, Janji Lunasi Utang Perahu

FAJARONLINE, MAROS — Festival Full Moon Rammang-rammang yang dihelat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel pekan lalu menyisakan masalah. Puluhan pemilik perahu yang digunakan mengangkut peserta mengaku belum dibayar sejak pekan lalu.
Kabar baiknya, Disbudpar Sulsel selaku pelaksana kegiatan berjanji mengurus honor buat pemilik perahu itu. ‎Ketua Panitia Yulius mengakui pihaknya memang belum membayarkan honor perahu karena masih terkendala adiminstrasi, yang baru rampung siang kemarin.

Dia rencananya mengumpulkan para pemilik perahu, untuk membicarakan pembayaran tersebut. “Kami sudah komunikasikan, mereka akan kumpul dirumah pak dusun,” katanya.

Untuk proses pembayaran, kata Yulius, dana tersebut adalah uang negara yang tidak boleh ditransaksikan secara tunai. Sehingga mau tidak mau harus via rekening. “Untuk memudahkan pemilik perahu, pihak Disbudpar dan pegawai dari Bank BNI Syariah akan turun langsung mendata mereka. Jadi pembayarannya nanti via rekening karena tidak mungkin dibayar tunai,” tandasnya
Sebelumnya, para pemilik perahu, Darwis mengatakan dia dan rekan-rekannya belum mendapat honor perahu yang disewa Disbudpar Sulsel. Jumlahnya pun cukup banyak, mencapai 43 perahu. “Itu baru perhitungan resmi, tetapi kan banyak tamu ikut masuk waktu Gubernur datang sehingga perahu-pun ditambah agar tidak antri terlalu lama,” jelas Darwis.
Satu perahu bisa mengangkut penumpang pulang pergi sebanyak lima hingga sepuluh kali. Sementara untuk harga normal, sekali berangkat biayanya bisa mencapai Rp250 ribu untuk perjalanan sekira 3 kilometer. “Saya sendiri mengangkut tamu sebanyak enam kali PP, jadi kalau hitungan harga normal bisa sampai Rp1,5 juta. Tapi kami tidak menuntut segitu, cukup dibayar saja kasian ganti modal kami,” keluhnya. (ris/wik)
loading...
Click to comment
To Top