Siang Ini Jokowi Putuskan Ganti 6 Menteri. Apakah Mereka Orangnya? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Siang Ini Jokowi Putuskan Ganti 6 Menteri. Apakah Mereka Orangnya?

JAKARTA  Sepertinya gelombang reshuffle bakal terjadi siang ini. Itu menyusul pertemuan empat mata antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Merdeka, Selasa (11/8). Ada enam menteri yang rencananya akan masuk dalam gelombang pergantian tersebut yang dibahas secara khusus oleh keduanya.

Dari informasi yang dihimpun, pergantian enam menteri akan dilakukan pada hari ini, Rabu (12/8) siang sekitar pukul 14.00 WIB di Istana Negara yang diperkirakan akan berbeda dengan cara pergantian yang dilakukan oleh presiden sebelumnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang dikonfirmasi membenarkan adanya reshuffle kabinet. Namun, saat ditanya siapa saja para menteri yang akan diganti itu, JK –sapaan Jusuf Kalla- enggan untuk membeberkannya kepada awak media yang sudah menunggu.

Reshuffle kabinet? Ha ha ha…tunggulah besok (hari ini, red). Di antaranya, ada menteri koordinator, menteri, dan pejabat setingkat menteri. Kalau nama-nama, tunggu sajalah besok dari Presiden,” kata JK singkat.

Namun, jika melihat dari kinerja-kinerja para menteri yang selama ini mendapat sorotan, tidak menutup kemungkinan enam menteri ini yang bakal diganti oleh Presiden Joko Widodo.

Pertama, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil. Berdasarkan kinerja, menteri ini mendapat rapor merah serta dinilai kurang member backup kepada Presiden tentang makroekonomi. Kedua Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Menteri ini pernah membuat murka Jokowi karena Gobel tak melaporkan kenaikan harga beras hingga Rp 10.300 per kilogram. Selain itu, munculnya isu beras plastik menjadi pertimbangan. Serta yang terbaru, Gobel dianggap orang yang bertanggung jawab atas lamanya dwelling time atau waktu labuh kontainer di pelabuhan sebelum memulai perjalanan darat.

Ketiga adalah Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Menteri ini memiliki komunikasi yang buruk dengan parlemen. Keempat, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said. Sebelumnya sudah banyak desakan untuk mencopot menteri ini. Penyebabnya adalah negosiasi Freeport, Blok Mahakam, dan kisruh pelantikan pejabat eselon I di Kementerian Energi. Selain itu, Jokowi juga tidak puas dengan kinerja Sudirman Said.

Kelima adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago. Menteri ini selain memiliki rapor merah juga dinilai tak mampu menerjemahkan dengan baik Nawacita dan janji kampanye Presiden Jokowi kedalam perencanaan pembangunan. Dan yang terakhir adalah Menko Polkam Tedjo Edhy Purdijatno. Menteri yang satu ini dinilai memiliki komunikasi public yang buruk. Sehingga kebijakan-kebijakan atau keputusan yang diambil selalu menuai polemik. Seperti yang terjadi pada kisruh partai politik PPP dan Golkar. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top