Sofyan Djalil Pasrah Jika Dicopot – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sofyan Djalil Pasrah Jika Dicopot

JAKARTA – Jika tidak ada aral melintang, siang ini tepatnya pada pukul 14.00 WIB di Istana Negara akan ada pelantikan sejumlah menteri yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo setelah sebelumnya telah mengadakan rapat empat mata bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara, Selasa (11/8) yang berlangsung dari petang hingga malam hari.

Sejumlah menteri mulai was-was menghadapi detik-detik perombakan kabinet. Sejumlah nama menteri ekonomi di bawah kepemimpinan Joko Widodo. Setelah nama Menteri BUMN Rini Soemarno, kini muncul Menko Perekonomian, Sofyan Djalil.

Gara-gara rupiah dan melonjaknya harga daging, kinerja Sofyan mulai dipertanyakan.  Meski begitu, pria asal Aceh Timur itu memilih tetap bersikap santai. Semua keputusan diserahkannya pada Jokowi, sapaan Joko Widodo.

“Itu hak prerogatif sepenuhnya presiden. Bagi saya jadi menteri adalah sebuah kehormatan bisa mengabdi kepada negara dan presiden,” ujar Sofyan sambil tersenyum. Ia baru saja mengikuti pertemuan terbatas dengan Jokowi untuk membahas masalah lonjakan harga daging dan kelangkaannya di kantor kepresidenan, Jakarta, Selasa (11/8).

Sofyan bahkan mengaku, tak masalah jika ada reshuffle. Sebagai seorang profesional ia menyatakan banyak kegiatan lain selain menjadi menteri.

“Reshuffle enggak Reshuffle enggak ada masalah. Kalau reshuffle ya kembali ke swasta. Maka makin mahal harganya. Itu bagusnya orang profesional, revolving door, dari swasta masuk pemerintah, dari pemerintah masuk swasta,” imbuh Sofyan.

Isu reshuffle ini sendiri hanya ramai dibicarakan di luar Istana. Di dalam Istana, Jokowi dan orang-orang terdekatnya justru enggan membahasnya. Jokowi lebih memilih mengevaluasi secara langsung kerja menterinya dibanding melakukan perombakan kabinet. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top