Rupiah ke Level Terendah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Rupiah ke Level Terendah

FAJARONLINE, JAKARTA — Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali melemah. Rupiah sempat berada di level Rp13.824 per USD pada pukul 12.00 WIB, Rabu, 12 Agustus, melemah dari pembukaan Rp13.689 per dolar AS.

Level tersebut merupakan terendah dalam 17 tahun terakhir setelah sempat menyentuh level Rp15.000 pada 1998 lalu. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terjun bebas 217 poin menjadi Rp13.758 per USD dari perdagangan sehari sebelumnya yang berada di level Rp 13.541 per USD.

Di bursa saham kemarin, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga semakin anjlok. IHSG ditutup melemah tajam 143 poin (3,1 persen) ke level 4.479,49 dari penutupan sehari sebelumnya 4.622,59. IHSG anjlok terdalam di Asia Pasifik.

Reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo belum mampu memantik sentimen positif. Kemarin, Presiden mengangkat Darmin Nasution sebagai Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Rizal Ramli sebagai Menko Maritim dan Sumber Daya, Sofyan Djalil sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, dan Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan.

Di luar tim ekonomi, Presiden melantik Luhut Pandjaitan sebagai Menko Politik, Hukum, dan Keamanan dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.

Gubernur Bank Indonesia, Agus DW Martowardojo mengatakan, pelemahan rupiah kali ini terutama disebabkan oleh perkembangan ekonomi global. Pasar masih bereaksi terhadap keputusan Pemerintah Tiongkok yang melakukan depresiasi mata uang Yuan. (jpnn-sbi/ars-rif)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 13 Agustus 2015

loading...
Click to comment
To Top