Ada Kontraktor yang Mendesain Proyek? Itu Pelanggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ada Kontraktor yang Mendesain Proyek? Itu Pelanggaran

FAJARONLINE, MAKASSAR — Berbagai kegiatan konstruksi, dilaksanakan paling tidak oleh dua pihak, yakni kontraktor yang mengerjakan proyek konstruksi tersebut, dan koonsultan yang menyusun desain dan rencana teknis kegiatan konstruksi.
Persoalannya, di berbagai daerah, ada kontraktor yang juga sekaligus mendesai kegiatan konstruksinya. Itu tentu dillarang, dan melanggar aturan. Dampaknya adalah hasil proyek yang tidak berkualitas, dan bisa cepat rusak.
“‎Ini banyak terjadi. Kontraktor sendiri yang mendesain pembangunan jalan, irigasi, dan jembatan di daerah-daerah,” jelas Akademisi ITB‎, Rizal Z Tamin, saat memberi materi terkait Peluang dan tntangan jasa konstruksi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, di kantor LPJK ‎(Lembaga Penyelenggara Jasa Konstruksi) Sulsel, di Jalan Bonto Manai, Kamis 13 Agustus tadi.
Padahal, menurut dia, tenaga kontraktor tidak punya spesifikasi, bukan insinyur teknik. “Tidak bisa mengukur ketahanan hasil pekerjaan,‎” katanya. Menurut dia, persoalan itu sering terjadi, mengingat banyaknya proyek pemerintah yang tertunda anggarannya hingga setahun.
“Mungkin konsultannya sudah menyusun desain perencanaan. Tapi ternyata anggarannya tertunda hingga setahun dua tahun kemudian baru dikerjakan. Saat itu, kondisi lapangannya sudah berubah. Jalan lebih rusak dari biasanya, sehingga harus didesain ulang. Akhirnya, karena didesain ulang butuh tambahan anggaran, maka kontraktor sendiri yang mendesain,” katanya.(sbi/wik)

To Top