Baru Sehari Jadi Menteri, Begini Masukan Rizal Ramli ke Jokowi soal Garuda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Baru Sehari Jadi Menteri, Begini Masukan Rizal Ramli ke Jokowi soal Garuda

JAKARTA – Baru sehari menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengaku sudah memberi masukan pada Presiden Joko Widodo. Rizal meminta Jokowi membatalkan rencana PT Garuda Indonesia membeli 30 pesawat Airbus tipe 350.

Pasalnya, maskapai pelat merah itu harus meminjam uang sebesar USD 44,5 miliar dari China Aviation Bank. Bila rencana itu tetap berjalan, bukan tidak mungkin Garuda Indonesia malah akan pailit.

“Saya bilang, mas saya minta tolong layanan tolong diperhatikan. Saya tidak ingin Garuda bangkrut lagi, karena sebulan yang lalu beli pesawat dengan pinjaman USD 44,5 miliar untuk beli pesawat airbus 350 sebanyak 30 biji. Itu hanya cocok untuk Jakarta-Amerika dan Jakarta-Eropa,” ujar Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (13/8).

Menurut pengamatan Rizal, track record Garuda untuk rute Jakarta- Amsterdam serta Jakarta-London kurang baik. Yakni, hanya mencapai 30 persen. Hal itulah yang disinyalir membuat Garuda merugi.

“Saya katakan kepada presiden, dulu jagonya airline adalah Singapore Airline. Saat ini mereka babak belur oleh Emirates dan Etihad, karena kantongnya tebal,” ungkap mantan menteri keuangan ini.

Karena itu, dia meminta Garuda membeli pesawat yang kelasnya lebih rendah kelasnya. Yakni, Airbus 320. “Kuasai dulu pasar domestik dan Asia, kuasai dulu pasar regional 5 sampai 7 tahun. Kalau sudah kuat baru kita hantam,” tandas Rizal. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top