Ini Alasan Andi Widjojanto Dicopot dari Seskab – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Ini Alasan Andi Widjojanto Dicopot dari Seskab

JAKARTA – Andi Widjojanto harus merelakan posisinya sebagai Sekretaris Kabinet kepada Pramono Anung. Tidak seperti yang lainnya, pencopotan Andi Widjojanto dianggap banyak kalangan tak terlalu mengejutkan.

Pasalnya, selain berkali-kali membuat kekeliruan dalam menyusun teks pidato presiden, ketidakmampuan Andi membangun komunikasi yang baik dan efektif baik diantara para menteri maupun antara pemerintah dengan parlemen dan lembaga negara lainnya menjadi alasan Andi layak di-PHK.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membenarkan alasan-alasan tersebut menjadi bahan pertimbangan Andi dicopot. Tak hanya alasan teknis, Andi juga didepak dari kabinet karena faktor politik.

“Dalam pemerintahan disamping selain masalah teknis memang faktor politik juga tidak bisa dihindari,” ujar JK kepada media tadi malam.

Menurut JK, dalam kondisi saat ini dibutuhkan adanya harmoni antara anggota kabinet. Kabinet harus solid sehingga berbagai permasalahan yang ada bisa diatasi. Dalam konteks ini, Andi tidak menunjukkan perannya.  “Tim harus haromoni dengan lingkungannya, makanya harus ada penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi yang ada. Harus disesuaikan tim kita ini,” imbuhnya.

Faktor politik apa yang melatari Andi harus dicopot? JK memberi sinyal Andi kerap membuat presiden Jokowi tampil salah yang pada akhirnya membuat Jokowi tersudutkan dalam pandangan publik. “Masalah politik ini luas sekali,” tukasnya. (dem/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top