Pemburu Batu Wajib Tau! Jika Daerahmu Punya ini Berarti Disitu Ada Kandungan Batu Mulia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pemburu Batu Wajib Tau! Jika Daerahmu Punya ini Berarti Disitu Ada Kandungan Batu Mulia

BANYAK yang sering bertanya-tanya bagaimana cara mendapatkan batu mulia atau akik? Apa indikasinya, suatu wilayah memiliki kandungan batu mulia?

Jawabannya adalah gunung aktif atau yang sudah mati.

Pada dasarnya, kandungan material berharga berada jauh didalam bumi. Saat terjadi letusan merapai, segala unsur mineral keluar ke permukaan bersamaan muntahan magma.

Karena itu, wilayah yang memiliki gunung aktif memiliki banyak macam mineral, baik itu batu biasa maupun batu mulia.

Menurut ahli geologi sekaligus ahli batu mulia  Ir Sujatmiko, hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki potensi batu mulia, kecuali Jakarta. Alasannya, di Jakarta tidak memiliki gunung berapi (baik aktif maupun tidak aktif). Meski begitu, pasar potensial penjualan batu akik ada di Jakarta.

Pemilik Pusat Promosi Batu Mulia Indonesia, Gem-Afia melanjutkan, gunung sangat menentukan suatu daerah memiliki kandungan batu mulia.

Misalkan saja yang daerah yang kini masih dilanda bencana letusan merapi, Gamalama, di Maluku Utara (Malut).

Berkah dari Gamalama sendiri bagi Provinsi Malut adalah, wilayah ini terkenal sebagai pemilik batu Bacan (krisokola kuarsa) yang populer dikalangan pencinta batu akik.

Selain Malut, ada juga Kalimatan, Sumatra, Sulawesi, Jawa hingga Papua. Masing-masing daerah memiliki jenis mineral yang berharga.

Lalu, bagaimana mencari batu-batuan mulia tersebut?

Pada dasarnya, muntahan mineral padat yang keluar ke permukaan mengikuti jalur lintas magma atau sungai. Meski tidak selalu seperti itu, tapi kebanyakan bebatuan bisa ditemukan di daerah bekas letusan maupun aliran sungai.

Karena itu, tidak heran jika emas, berlian hingga batu akik, lebih banyak ditemukan di wilayah basah yang terdapat sumber air. (iqi)

 

loading...
Click to comment
To Top