Saatnya Beralih ke Alumunium Foil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Saatnya Beralih ke Alumunium Foil

FAJARONLINE, PAREPARE — Coastal Community Developmen Project-International Found for Agricultural Development (CCDP-IFAD) Kota Parepare, kembali menggelar coaching clinik Pembangunan Masyarakat Pesisir. Pelatihan ini digelar di Kantor PPI Kota Parepare, Kamis, 13 Agustus dan dihadiri seluruh kelompok nelayan Kota Parepare.
Dalam pelatihan ini, para pelaku UKM kelompok nelayan dianjurkan mengalihkan alat pembungkus makanan olahan mereka dari berbahan plastik ke alumunium foil. Alasannya, selain hemat, bahan ini bisa membuat makanan lebih awet dan tahan lama.
Ketua CCDP-IFAD Perepare, Hasidah mengatakan, olahan makanan jadi atau snack di kota Parepare mulai berkembang. Namun pembungkusan yang digunakan masih konvensional, berupa bungkusan plastik.
“Jika difikir-fikir dan diolah lebih baik, pasti makanan olahan yang menjadi oleh-oleh khas Parepare ini akan semakin baik, Utamanya pada kemasannya. Kalau menggunakan alumunium foil pasti penampakan makanan ini lebih baik serta cita rasa hingga daya tahannya lebih maksimal,” ujarnya.
Berbicara harga, lanjut dia, alumunium foil memang lebih mahal dari pembungkus plastik. Tetapi jika dilihat jangka panjangnya, pembungkus ini lebih hemat karena bisa tahan lebih lama. “Paling selisih harganya tidak sampai Rp2.000. Jadi kalau difikir-fikir pastilah lebih hemat karena masa keawetan makanan lebih panjang,” ucapnya.
Ketua kelompok nelayan Lumpue, Satriani mengaku saat ini kelompoknya masih menggunakan pembungkus plastik. Tetapi setalah mendapatkan arahan, dia mulai melirik pembubgkus alumunium foil.
“Memang benar lebih hemat dan lebih awet. Sekarang kendalanya, pembungkus seperti itu harus dibeli di Makassar,” jelas dia. (syl/wik)
loading...
Click to comment
To Top