Seperti Ini “Rayuan” Jokowi Kepada Rizal Ramli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Seperti Ini “Rayuan” Jokowi Kepada Rizal Ramli

JAKARTA – Perombakan beberapa menteri dalam Kabinet Kerja Joko Widodo – Jusuf Kalla sudah dilakukan, Rabu (12/8). Dalam proses reshuffle, Mensesneg Pratikno merupakan salah seorang yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk membantu mengomunikasikan kepastian rencana mereshuffle kabinet. Tepatnya, dilakukan pada Selasa (11/8) malam.

Dalam perjalanannya, Pratikno dibantu dengan anggota Tim Komunikasi Presiden Teten Masduki menyampaikan pesan presiden kepada para menteri yang akan diganti untuk datang ke Istana. Saat itu lah, bersama Wapres Jusuf Kalla, presiden menyampaikan alasan penggantian.

Satu-satunya yang berhalangan hadir adalah Indroyono Soesilo. Ketika itu, mantan Menko Kemaritiman tersebut sedang melaksanakan tugas kementerian di Papua. Usai menyampaikan kepastian reshuffle kepada mereka yang diganti, barulah mereka yang diproyeksikan untuk mengganti dihubungi satu-persatu, terkait kepastian diangkat menjadi menteri dan pejabat setingkat menteri.

Rizal Ramli mengakui kalau memang baru dihubungi kemarin (12/8) pagi tentang kepastian permintaan mengisi posisi menko kemaritiman. Meski demikian, dia mengakui, komunikasi dengan presiden yang menyinggung rencana reshuffle telah dilakukan dalam sejumlah kesempatan pertemuan.

“Saya awalnya ragu-ragu, mau terima jabatan ini atau tidak,” tutur Rizal. Mantan menko perekonomian di era Presiden Gus Dur itu akhirnya memutuskan untuk menerima setelah mendengar pernyataan Presiden Jokowi pada dirinya.

“Yang minta Mas Rizal ini bukan hanya Jokowi, yang minta juga rakyat Indonesia. Karena, Indonesia ini memang sedang butuh, kondisinya memang sedang banyak masalah,” beber” Rizal, menirukan pernyataan Jokowi. “Saya langsung lemes dan putuskan, iya saya mau bantu presiden,” imbuhnya.

Hingga kemarin, ekonom yang kerap bersuara lantang terkait kebijakan pemerintahan itu belum mau membeber program-program prioritas yang akan dilakukannnya nanti. Menurut dia, hal tersebut akan segera dikomunikasikan lebih dulu dengan Presiden Jokowi dan mantan Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo. (dyn/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top