Tanpa Pinjaman Bank, Bangun Hotel Rp140 Miliar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tanpa Pinjaman Bank, Bangun Hotel Rp140 Miliar

FAJARONLINE, FAJAR–Membangun kerajaan bisnis tanpa melibatkan perbankan mungkin sudah jarang ditemui. Namun pemilik Hotel Pualam, H Abdul Latief Makka mengakui, dirinya membangun hotel baru di lokasi Jl Penghibur Makassar merogoh kocek pribadi Rp140 miliar, tanpa menggunakan dana perbankan.

Pengusaha senior berusia 83 tahun ini mengatakan, dirinya terbiasa tanpa utang karena terlalu ribet berurusan dengan perbankan. “Alhamdulillah, tak satu persen pun kami memakai dana perbankan untuk menyelesaikan hotel tersebut. Ada banyak properti terpaksa saya jual untuk tambal sulam kebutuhan anggaran penyelesaian hotel tersebut. InsyaAllah tahun depan sudah beroperasi,” beber bos Restoran Pualam H Abdul Latief Makka, saat ditemui FAJAR, Kamis 13 Agustus.

Dikatakan Latief Makka, hotel yang menjadi salah satu ikon di kawasan Pantai Losari tersebut nanti berlantai 10 dan dilengkapi fasilitas seperti laiknya hotel berbintang empat ke atas. Saatnya nanti, hotel tersebut akan menjadi sarana rekreasi keluarga di kota Makassar yang membutuhkan view pantai yang tak ada duanya di Makassar. “Kami punya fasilitas setara hotel bintang empat ke atas. Ada parkir yang luas dan menghubungkan gedung utama. Restoran makan di lantai puncak akan dikelola perusahaan asal Inggris,” beber Latief Makka, pengusaha senior yang pernah menjadi bendara PWI Sulsel di era 80-an ini.

Pria yang sukses mengenalkan brand Pualam hingga ke Mancanegara ini mengaku dirinya sempat galau lantaran
proses pembangunan Hotel Pualam selalu disorot media dan dikatakan bermasalah hukum, padahal tak ada persoalan alias clear and clean.

“Kami heran karena selalu diberitakan bermasalah, padahal semua beres dan tak melanggar aturan,” bebernya. (*/aci)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top