Wisata Apparalang Ditutup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Wisata Apparalang Ditutup

FAJARONLINE, BULUKUMBA – Warga desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba, menutup akses jalan menuju wisata Apparalang yang menjadi kebanggaan warga di daerah ini. Aksi penutupan ini diambil karena kecewa tak dilibatkan oleh pengelola awal mula pembukaan wisata yang mirip raja ampat itu.

Hal itu juga dibenarkan, Kepala Desa Ara Muliada Salam saat dikonfirmasi. Menurutnya, warga kecewa tidak dilibatkan dalam mengelola wisata tersebut. Sehingga melakukan hal itu. Warga menutup jalan dengan menggunakan Batu yang disusun, sehingga warga yang akan ke sana tidak bisa lagi.

“Warga protes soal tata kelolanya. Mereka mencari kebenaran atas kepemilikan pengelolaan wisata itu,” katanya, Kamis 13 Agustus.

Memang diketahui, sejak dibukanya akses jalan ke wisata itu dikuasai  perseorangan atas H Amiruddin. Padahal pembangunan infrastruktur yang ada di dalamnya itu menggunakan angggaran pemerintah melalui APBD sejak 2013. ” Masyarakat tidak setuju karena dikelola sendiri,” katanya.

Penutupan tersebut, sejak Senin 10 Agustus lalu hingga saat ini. Pihaknya juga tidak berani membuka penutupan tersebut. Hanya saja, ke depannya ia akan duduk bersama dan meminta untuk dilibatkan dalam pengelolaan sebab, ia menyadari bahwa ada uang negara yang digunakan ke wisata tersebut. “Kita berharap ada mediasi secepatnya. Agar hal ini tidak berkepanjangan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba Djunaid Abdillah mengaku, tidak bisa berbuat banyak soal ini, lantaran belum termasuk induk wisata pemerintah. ” Kita belum bisa campuri karena belum termasuk objek wisata pemerintah,” singkatnya. (taq/wik)

loading...
Click to comment
To Top