Foto PNS-Hatita Beredar, Panwas Tegaskan Bukan Pelanggaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Foto PNS-Hatita Beredar, Panwas Tegaskan Bukan Pelanggaran

FAJARONLINE,MAROS — Panwaslu Maros merespon foto-foto PNS Pemkab Maros berpose bersama mantan Bupati Maros Hatta Rahman, dengan balon bertuliskan “Come Back Soon Hatita”. Menurut Panwas, foto itu tidak dikategorikan pelanggaran PNS sebagaimana tudingan sejumlah kalangan.
Panwaslu Maros Divisi Pengawasan, Satryawan menjelaskan foto tersebut tidak bisa disebut bukti keterlibatan PNS mendukung Hatta yang akan kembali maju pada Pilkada 2015. Pasalnya, Hatta sendiri secara hukum belum ditetapkan sebagai calon bupati. “Jadi bukan pelanggaran PNS, bukan pula pelanggaran kandidat,” jelas Satryawan.
Apalagi, lanjut Satryawan saat ini belum masuk pada masa kampanye calon. Sehingga dimata hukum dan UU Pilkada, foto tersebut bisa ditafsirkan macam-macam. Hingga tanggal penetapan 24 Agustus mendatang, belum ada yang namanya calon bupati. “Jadi PNS tidak bisa dihukumi tidak netral hanya dengan berfoto dengan bupatinya,” jelasnya.
Klarifikasi juga disampaikan Kabag Humas Pemkab Marps Kamaluddin Nur. Menurutnya, foto tersebut diambil pada tanggal 11 Agustus, atau pada hari terakhir Hatta menjabat sebagai bupati. Saat itu, Hatta baru akan meninggalkan ruangan sebelum dicegat oleh staf untuk foto bersama.

“Yang berfoto disitu adalah staf-staf bupati sendiri, sebagai ekspresi perpisahaan dan harapan. Salahkah kalau staf ingin kenang-kenangan bersama bupatinya ?, jadi mereka foto dengan Hatta dalam kapasitas sebagai bupati, bukan calon,” ujarnya.

Sebelumnya beredar di media sosial foto Bupati bersama staf-stafnya pada hari terakhir masa jabatan. Pada foto itu, terlihat beberapa staf berpakaian PNS berpose sambil memegang balon huruf bertuliskan Hatita, tagline yang sejak lima tahun terakhir digunakan Hatta Rahman dan wakilnya Harmil Matotorang. (ris) 
loading...
Click to comment
To Top