Medali Olimpiade Internasional Berkat Dorongan Ibu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Medali Olimpiade Internasional Berkat Dorongan Ibu

SISWA SMA IPEKA, Valdi Ven Japranata (17) berhasil membawa pulang medali perak dalam kompetisi International Biology Olympiad (IBO), yang diselenggarakan di Aarhus, Denmark, beberapa waktu lalu.

“Prestasi ini tercapai atas kerja keras saya. Tentu saja, berkat dari Tuhan berperan dalam kemenangan ini. Yang memotivasi saya adalah ibu yang menjadi orang tua tunggal karena ayah sudah tiada sejak saya masih duduk di bangku TK,” ujar Valdi, Jumat, 14 Agustus.

Dalam ajang tahunan olimpiade internasional bidang Biologi ini, Valdi bersaing dengan 239 peserta dari 61 negara di seluruh dunia. Masing-masing negara mengirimkan murid terbaiknya maksimal sebanyak empat orang.
Tak hanya mengirimkan muridnya, masing-masing negara yang berpartisipasi di IBO 2015 ini juga mengirimkan beberapa juri untuk menerjemahkan dan membahas soal-soal yang diujikan.

Prestasi Valdi sebagai peraih medali emas di perlombaan Olimpade Sains Nasional (OSN) di bidang Biologi, menjadi cikal bakal kemenangan Valdi pula di IBO 2015. Menurutnya, perjalanan yang dihadapi agar dapat menjadi salah satu wakil Indonesia untuk IBO cukup panjang.

“Sekolah sangat mendukung progress saya selama mengikuti ajang ini. Mulai dari memberikan pelatihan dari guru biologi, mendampingi saya selama perlombaan berlangsung, memberikan izin untuk segala keperluan saya, dan bahkan sampai dengan memberikan kompensasi waktu untuk ujian susulan ketika beberapa ujian sekolah tidak bisa saya ikuti sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan,” sambung Valdi.

“IPEKA sangat mendukung para murid. Ketika ada siswa/siswi yang menonjol dan ada kesempatan untuk mengikuti kompetisi, guru-guru memberikan dorongan, semangat, dukungan doa, dan mental,” kata Theo Kurniadi, Kepala Bidang Pengembangan Pendidikan IPEKA. (rls)

loading...
Click to comment
To Top