Ummat Buddha Gelar Upacara Ulambana – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Ummat Buddha Gelar Upacara Ulambana

MAKASSAR, FAJARONLINE — Dalam kepercayaan Buddha Umat Tionghoa, setiap pertengahan bulan ketujuh penanggalan bulan lunar diyakini pintu neraka terbuka lebar. Untuk memperingatinya, umat Buddha melasanakan upacara Ulambana (Sembahyang Arwah) selama 15 hari.
Pasalnya, Pintu neraka diyakini akan terbuka selama 15 hari, mulai 14-28 Agustus. Sembahyang arwah dilakukan dengan tujuan untuk mendoakan arwah para leluhur dan sanak keluarga yang telah meninggal.
“Dibukanya pintu neraka ini adalah kesempatan para arwah untuk keluar. Para arwah penghuni neraka diberikan kesempatan oleh Dewa penjaga neraka Bodi Satwa Kistigarba untuk masuk di alam manusia didoakan oleh sanak keluarga. Tujuannya untuk meringankan siksaan dari dosa-dosa yang pernah dilakukan selama hidup,”. Ujar Roy Ruslim Ketua pengurus Vihara Girinaga Jalan Gunung Salahutu Makassar.
Hari ini, sejumlah Vihara dan Kelenteng tampak ramai di datangi oleh umat Buddha Tionghoa. Khusus datang untuk melakukan upacara. Di Vihara Girinaga misalnya, dalam memperingatinya pengurus mengdatangkan Bhikksu Kamboja dan Bhikkhu Jakarta, khusus untuk memimpin upacara ulambana.
Begitupula di Kelenteng Xian Ma Jalan Sulawesi Makassar, dalam memperingatinya, pengurus juga menghadirkan suhu lokal untuk memimpin upacara. “Sejak dari pagi umat telah berdatangan bergantian untuk melakukan upacara,” ujar Ichwan umat Kelenteng Xian Ma. (Mp05/aci)
loading...
Click to comment
To Top